Cuma 20 Ribu Perak, Tiket Kereta Motis Ludes Diborong Pemudik

Cuma 20 Ribu Perak, Tiket Kereta Motis Ludes Diborong Pemudik

Tampilan website kai.id yang menunjukkan habisnya tiket kereta. Termasuk kereta Motis (bawah) yang dijual murah-Tangkapan layar-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan mengobral murah sisa kursi kereta yang akan mengangkut pemudik peserta angkutan motor gratis (Motis) 2023.

Sebelumnya, DJKA menyiapkan beberapa rangkaian kereta untuk mengangkut pemudik berikut motornya dalam program Motis tersebut. Dengan skema ‘motornya gratis, orangnya bayar’. Sehingga begitu sampai stasiun tujuan, pemudik bisa langsung menaiki motornya. 

Karena masih banyak kursi tersisa, DJKA memutuskan untuk menjual sisa kursi pada penumpang reguler. 

Tiket kereta Motis ini pun diobral murah meriah. Untuk jalur terjauh Jakarta – Solo atau Semarang saja, tiket dijual hanya Rp. 20 ribu. Untuk rute separuhnya, misalnya Jakarta – Cirebon, pemudik hanya cukup membayar Rp. 10 ribu saja. 

BACA JUGA:Gempa Laut Jawa : Area Guncangan Luas Karena Hiposenter Yang Dalam

BACA JUGA:Posko Nasional Mudik Lebaran 2023 Mulai Beroperasi

Ada tiga rute utama yang akan dilewati oleh kereta Motis ini. Motis utara akan dimulai dari Cilegon-Jakarta Gudang-hingga Stasiun Semarang Tawang. Kemudian Motis tengah mulai dari Jakarta Gudang hingga Stasiun Purwosari, Solo. Terakhir Motis Selatan dari Kiaracondong, Bandung hingga Stasiun Purwosari, Solo. 

Sisa kursi Motis ini pun diserahkan pada PT. KAI untuk dijual kembali. VP Public Relations PT. KAI Joni Martinus mengungkapkan bahwa tiket Motis bisa didapatkan melalui aplikasi KAI Access, web kai.id dan seluruh channel penjualan yang bekerjasama dengan PT. KAI. “Nanti akan muncul sendiri (di aplikasi,Red).” Kata Joni pada Jumat 14 April 2023. 

Meski demikian, saat tim harian Disway melakukan pengecekan pada Jumat, 14 April malam, tiket Motis Utara, Tengah dan Selatan hampir semuanya sudah terjual habis. Mulai tanggal 15 hingga 21 April 2023. 

BACA JUGA:Pekerja Konstruksi IKN Dapat Rusun Moduler

BACA JUGA:H-2 Lebaran Puncak Arus Mudik Bandara dan Pelabuhan

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Djarot Tri Wardhono menjelaskan bahwa besarnya antusiasme masyarakat yang masih mencari tiket kereta api untuk mudik mendorong DJKA untuk membuka kuota penumpang pada program MOTIS agar dapat diakses oleh lebih banyak masyarakat yang masih membutuhkan tiket kereta api untuk mudik

“Saat ini tiket penumpang untuk program MOTIS sudah dapat diakses oleh masyarakat pada aplikasi penjualan tiket kereta api yang disediakan oleh operator dan akan terus kami update secara berkala menyesuaikan ketersediaan tiket yang masih tersisa,” tutur Djarot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: