Pemudik di Pelabuhan Ketapang Mulai Meningkat, Didominasi Arah Banyuwangi

Pemudik di Pelabuhan Ketapang Mulai Meningkat, Didominasi Arah Banyuwangi

Kendaraan yang turun dari Ferry di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Minggu, 16 April 2023-Pace Morris - Harian Disway-

BANYUWANGI, HARIAN DISWAY - Jumlah pemudik yang memasuki Jatim melalui pelabuhan penyeberangan Ketapang, Banyuwangi mulai mengalami peningkatan. Dari data yang diterima Harian Disway, lonjakan yang mencolok terlihat antara Jumat, 14 April dan Sabtu, 15 April 2023.

Menurut General Manager ASDP Ketapang, Muhammad Yasin, kenaikan jumlah penumpang dan kendaraan dari Pelabuhan Gilimanuk, Bali menuju Ketapang, Banyuwangi mencapai 54 persen.

“Didominasi oleh kendaraan pribadi. Baik roda dua dan roda empat,” ungkap Yasin kepada Harian Disway, di Pelabuhan Ketapang, Minggu malam, 16 April 2023.

BACA JUGA:Hindari Antrean, ASDP Ketapang Imbau Pemudik Beli Tiket Lebih Awal

BACA JUGA:Hindari Antrean, ASDP Ketapang Imbau Pemudik Beli Tiket Lebih Awal

Rinciannya, pada Jumat ada 21.987 penumpang pejalan kaki dan dalam kendaraan. Kemudian sepeda motor 3.051 unit. Kendaraan pribadi roda 4 sebanyak 1.498 unit. Sementara di hari Sabtu terjadi peningkatan penumpang sebanyak 43.957 orang, sepeda motor 6.975 unit, dan kendaraan pribadi roda 4 meningkat hingga 2.859 unit. 

Sementara itu,  arus mudik dari Ketapang menuju Gilimanuk terpantau masih normal. Bahkan lebih didominasi oleh truk pengangkut barang. 

Yasin menjelaskan, merespon peningkatan ini, pihaknya menambah armada kapal. Dari 27 Kapal pada hari Jumat, menjadi 30 Kapal dihari Sabtu. “Kami akan menambahkan lagi jika memang diperlukan,” imbuhnya.

BACA JUGA:[UPDATE] H-7 Lebaran. Pegerakan Penumpang Naik, Mobil Pribadi Stabil

Dari pantauan Harian Disway di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, jumlah kendaraan turun dari kapal semakin meningkat pada malam hari. “Kemungkinan karena kalau siang kan panas. Terutama bagi pengguna roda dua. Nanti tengah malam hingga dini hari biasanya lebih ramai lagi,” pungkas Yasin.

ASDP memperkirakan puncak arus mudik dari dan menuju Pelabuhan Penyeberangan Ketapang bakal terjadi pada H-4 Hari Raya Idul Fitri.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: