Arus Mudik Mulai Padat, One Way Diberlakukan Sampai Kalikangkung.

Arus Mudik Mulai Padat, One Way Diberlakukan Sampai Kalikangkung.

Jajaran Korlantas Polri dan Jasa Marga melepas rombongan awal jalur one way ke arah timur. Rekayasa one way diberlakukan sejak pukul 14.30 WIB-Foto : Jasa Marga-

CIKAMPEK, HARIAN DISWAY – Korlantas Polri memutuskan untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas one way untuk memecah kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.   

One way diberlakukan sejak pukul 14.50 WIB dari KM 72 Cikampek atau permulaan Jalan Tol Cipali sampai KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung di Jalan Tol Batang-Semarang. 

Pemberlakuan ini diputuskan setelah sebelumnya dipastikan lajur sebaliknya (arah jakarta) telah steril sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan menuju arah barat Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang sampai Cikampek.

“One way diterapkan untuk memperlancar arus mudik lebaran 2023. Penerapan one way diterapkan sekitar pukul 14.30 WIB,” jelas Kabag Penum Humas Polri Nurul Azizah. 

BACA JUGA:Hindari Bosan Saat Perjalanan Mudik, Ini Dia 5 Rekomendasi Lagu Untuk Temani Kamu

BACA JUGA:BSI Sediakan Bus Ramah Difabel untuk Mudik Bareng


Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan Menko PMK Muhadjir Effendi dalam peantauan arus mudik di GT Kalikangkung, Tegal, Jateng, 18 April 2023-Foto : Polri-

Realisasi pelaksanaan rekayasa lalu lintas ini didasarkan dengan jadwal Surat Keputusan Bersama Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Kakorlantas Polri dan Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada tanggal 5 April 2023 tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan Serta Penyeberangan Selama Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran Tahun 2023/1444 H.

Meskipun sudah diberlakukan one way sejak KM 72, pengguna jalan dari arah Cikampek yang menuju Jakarta masih bisa mengakses GT Cikampek Utama untuk menuju arah Jakarta. 

Jasa Marga melaporkan bahwa sampai selasa sore, Jalan Tol Jakarta-Cikampek maupun Jalan Layang MBZ yang menuju arah timur/Jalan Tol Trans Jawa masih terpantau ramai lancar.

BACA JUGA:Kinerja Positif, Pertamina Raih Laba Bersih Rp 56 Triliun di Tahun 2022

Sementara memantau dari Jawa Tengah, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerima laporan bahwaa terjadi peningkatan jumlah kendaraan hingga 300 persen di gerbang tol (GT) Kalikangkung.

Dalam batas normal, jumlah kendaraan yang melintas sebanyak 10 ribu per jam. Namun saat ini sudah memasuki angka 30 ribu per jam. "Diperkirakan akan mencapai puncaknya mungkin sekitar nanti malam dan besok. Tahun lalu di angka 60 ribu," kata Sigit.

Untuk mengurai kepadatan, mantan Kabareskrim Polri ini menyampaikan pada selasa siang, sudah diberlakukan sistem satu arah atau one way mulai KM 72 Tol Cipali hingga KM 414 GT Kalikangkung." Secara terpusat akan dikomandoi oleh Kakorlantas dan sistem one way ini berakhir pukul 24.00 WIB," ujar Sigit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: