Kunjungan Perdana PM Ceko ke Indonesia, Jokowi Tawarkan Investasi IKN

Kunjungan Perdana PM Ceko ke Indonesia, Jokowi Tawarkan Investasi IKN

Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan PM Ceko Petr Fiala-Sekretariat Kabinet Republik Indonesia-

BOGOR, HARIAN DISWAY – Perdana Menteri (PM) Petr Fiala bersama delegasi terbatasnya tiba di Istana Bogor sekitar pukul 16.10 WIB, Selasa, 18 April 2023. Presiden Joko Widodo menyambut secara langsung kunjungan resmi tersebut. Diiringi oleh pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

“Kunjungan Perdana Menteri Fiala ini merupakan kunjungan pertama tingkat kepala pemerintahan Ceko ke Indonesia,” ujar Jokowi dalam keterangan pers.

Lagu kebangsaan dari kedua negara bergaung dalam upacara penyambutan resmi hari itu. Beriringan dengan dentuman meriam sebanyak 19 kali.


Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan PM Ceko Petr Fiala-BPMI Setpres-

Dilanjutkan dengan inspeksi pasukan kehormatan, keduanya lalu saling memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara yang mengikuti upacara di Istana Kepresidenan Bogor.

Delegasi Indonesia dihadiri oleh Menteri luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Ceko Kenssy D. Ekaningsih, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, serta Pelaksana Harian (Plh) Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri R. Widya Sadnovic. 

Turut hadir delegasi Republik Ceko. Duta Besar Republik Ceko untuk Republik Indonesia Jaroslav Doleček, Kepala Kantor Pemerintahan Jana Kotalíková, Penasihat Keamanan Nasional Tomáš Pojat, Direktur Jenderal Bagian Kantor Perdana Menteri Petra Fojtíková, Juru Bicara Pemerintah Václav Smolka serta Direktur Departemen Asia dari Departemen Luar Negeri Marek Libřický.

Tak hanya itu, para pengusaha dari Republik Ceko juga turut serta dalam kunjungan tersebut. Dengan tujuan merefleksikan komitmen untuk membangun dan meningkatkan kerja sama dua negara. 

Usai acara penyambutan, keduanya menuju beranda untuk berbincang sejenak. Lalu menanam pohon kamper atau kapur tanduk bersama. 


Momen Presiden Joko Widodo mengajak PM Petr Fiala berkeliling Istana Kepresidenan Bogor-Rusman-BPMI Setpres

Saat waktu menunjukkan pukul 16.30 WIB, keduanya berkeliling Kebun Raya Bogor menggunakan mobil golf. Tampak Presiden Joko Widodo duduk dibalik kemudi, mengarahkan rute. Sesekali tampak menjelaskan tentang Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor kepada tamunya.

“Saya sangat senang mengunjungi negara Anda yang indah. Izinkan Saya sekali lagi mengucapkan selamat kepada Anda atas Presidensi G20 pada tahun 2022. Itu sangat sukses dan Saya berharap Anda sukses menjadi Presidensi ASEAN tahun ini,” ujar PM Petr Fiala.


Pertemuan bilateral antar dua negara-Sekretariat Kabinet Republik Indonesia-

Kunjungan PM Petr Fiala hari itu, diikuti dengan pertemuan bilateral. Keduanya berbicara mengenai kerja sama perdagangan, investasi, pertahanan dan industri strategis. 

Pun juga membahas mengenai isu di ASEAN dan Indo-Pasifik, serta rencana penyelenggaraan ASEAN Indo-Pasific Infrastructure Forum (AIPIF) pada September mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara mendorong penyelesaian negosiasi Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (Indonesia-EU CEPA). 

“Kami sepakat menjajaki kerjasama joint production antara industri strategis, transfer teknologi, dan capacity building,” ujar Presiden.

Ia juga turut mengajak Ceko untuk berinvestasi dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Terutama  di bidang transportasi massal ramah lingkungan.

“Saya percaya, bahwa pertemuan ini akan membuat hubungan antarnegara menjadi semakin kuat. Saya menantikan untuk melihat Anda di masa depan lagi. Terima kasih banyak,” tutur Perdana Menteri Ceko.


Momen Presiden Joko Widodo dan PM Petr Fiala usai menyampaikan pernyataan pers di Istana Kepresidenan Bogor-Rusman-BPMI Setpres

Tak ketinggalan, Presiden Joko Widodo juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada PM Petr Fiala dalam pernyataan pers di Ruang Teratai. “Sebagai penutup, Saya mengucapkan terima kasih kepada Perdana Menteri Fiala atas pertemuan yang produktif ini,” lanjut Jokowi.

Rangkaian penyambutan tersebut diakhiri dengan jamuan santapan malam yang menggugah selera. Presiden bersama PM Petr Fiala beserta jajarannya berkumpul di Ruang Garuda Istana Kepresidenan. (Umaimah ‘Iffat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: