One Way Berlangsung Tanpa Henti. Sudah Diperpanjang Dua Kali

One Way Berlangsung Tanpa Henti. Sudah Diperpanjang Dua Kali

Dalam mengurai kepadatan arus mudik di Tok Cikampek, pihak kepolisian menerapkan Contraflow Tol Cikampek Km 47-70. 876sa-Foto : Jasa Marga-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Arus Mudik 2023 yang melewati Jalan Tol Trans Jawa meninggalkan Jakarta menuju Jawa Tengah masih terpantau padat.Pemberlakukan one way yang berlangsung mulai Selasa siang 18 April 2023 pukul 14.30 WIB masih terus berlangsung sampai Rabu sore. 

Sebelumnya, Korlantas Polri menjadwalkan pemberlakuan rekayasa lalu lintas satu arah one way mulai pukul 14.30 WIB pada Selasa siang hingga pukul 24.00 WIB. Namun, karena padatnya lalu lintas, maka sistem one way terus diperpanjang hingga hari Rabu, 19 April pukul 12.00 WIB   

Namun, pada pukul 12.00 WIB, pihak Jasa Marga mengumumkan bahwa atas diskresi kepolisian, sistem one way masih akan terus diberlakukan. 

BACA JUGA:Gus Ipul Imbau agar Mobdin Tidak Dipakai Mudik dan Ponsel Pejabat Selalu Aktif

BACA JUGA:Perempuan Asal Surabaya Bawa Oleh-Oleh Sabu Untuk Suaminya di Lapas Madiun


Petugas Jasa Marga jemput bola dengan mobile reader untuk mempercepat transaksi di gerbang tol untuk mengindari perlambatan-Foto : Jasa Marga-

Bahkan, saking padatnya arus mudik yang membanjiri Jalan Tol Jakarta-Cikampek, kepolisian sempat memperpanjang jalur one way. Dari sebelumnya mulai Km 72 Cikampek hingga Km 414 GT Kalikangkung, kini dimundurkan ke barat mulai Km 68. 

“Sejak pukul 12.00 WIB Jasa Marga telah mengoperasikan total 28 gardu tol serta penambahan 17 unit mobile reader untuk memaksimalkan transaksi pengguna jalan yang menuju arah Cikampek,” Kata Corporate Communication & Community Development Group Head Lisye Octaviana. 

Lisye menyebut, perpanjangan rekayasa lalu lintas one way diperkirakan akan berakhir pada Rabu 19 April pukul 24.00 WIB. Namun apabila pada periode waktu tiga jam sebelum jadwal pengakhiran tersebut masih terdapat peningkatan volume lalu lintas yang signifikan dari Jakarta ke arah Timur, maka dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran one way.

BACA JUGA:Kapolri-Panglima TNI Amankan Mudik

Baru pada rabu sore hari sekitar pukul 16.00 WIB, lalu lintas mulai terurai. Korlantas pun memperpendek jalur one way dan menggeser titik mulai one way dari Km 68, kembali ke timur di KM 72 Cikampek. Sementara ujung timur dari one way tetap di Km 414 Jalan Tol Batang-Semarang di GT Kalikangkung. 

Sebelumnya, sempat juga dilakukan rekayasa lalu lintas contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek dari Km 47 yang sempat diperpendek hingga Km 55 hingga Km 70 juga telah ditutup sejak pukul 15.05 WIB.

Selain itu, dengan diberlakukannya one way dari Km 72 Cikampek serta atas diskresi Kepolisian, Jasa Marga juga memberlakukan contraflow dari Km 72 s.d Km 70 sehingga pengguna jalan dari arah Cikampek yang menuju Jakarta dapat kembali masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Cikampek.

BACA JUGA:Hendak Jemput Keluarga di Juanda, Mobil Warga Malang Tertimpa Bus di Tol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: