Arus Balik Meningkat, Pemudik Surabaya Mulai Kembali ke Perantauan

Arus Balik Meningkat, Pemudik Surabaya Mulai Kembali ke Perantauan

Para penumpang di stasiun Surabaya Gubeng yang akan bersiap berangkat meninggalkan Surabaya, Senin, 24 April 2023.-Pace Moris-

SURABAYA, HARIAN DISWAY-Tetesan air mata Lenis tidak tidak lagi bisa terbendung saat mengantar putrinya untuk kembali bekerja di Yogyakarta. Di sana dia bekerja di salah satu perusahaan pertanian. Hari itu, 24 April 2023, Lenis mengantar sang buah hati ditemani suaminya.

 

Sudah lama anaknya itu berada di Surabaya. Sudah sekitar empat harian. Wajar saja, Presiden RI Joko Widodo lagi berbaik hati. Memberikan waktu libur hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah terbilang lama. Sejak 19 April 2023 lalu. Itulah mengapa putri Lenis bisa berlama-lama di kota pahlawan. 

 

Namun, Lenis merasa waktu itu sangat singkat. Dirinya masih ingin berlama-lama lagi dengan sang buah hati yang kini sudah dewasa. "Masih kangen sih. Tapi, dia sudah harus kembali bekerja," katanya, saat ditemui usai mengantar anaknya, di stasiun kereta api Gubeng.

BACA JUGA:Khofifah Cek Kesiapan Tempat-Tempat Wisata di Jatim

BACA JUGA:Jalankan Instruksi Kapolri, Polda Jatim Siapkan 127 Bus Untuk Balik Gratis

 

Kondisi serupa juga dialami Putri. Warga Gubeng itu, siang tadi akan berangkat ke Jakarta. Libur lebarannya sudah hampir habis. Hanya menyisakan dua hari lagi. Karena itu, hari ini dia kembali ke ibukota. Sehingga bisa punya banyak waktu untuk beristirahat.

 

"Kamis, 27 April nanti, saya sudah mulai bekerja. Perjalanan menggunakan kereta api memakan waktu lama. Juga tenaga ekstra. Jadi, saya pulang duluan. Agar ada waktu untuk istirahat. Kan lumayan dua hari kedepan digunakan untuk beristirahat," katanyi.

 

Di sisi lain, menurutnya, pulang dekat-dekat waktu berakhirnya libur lebaran akan susah mendapatkan tiket kereta api. Kalaupun dapat, pasti harganya akan mahal. Kondisi itu akan terjadi di semua transportasi umum: Pesawat, bus, dan kereta api.

BACA JUGA:One Way, Contra Flow dan Ganjil Genap. Simak Jadwal Rekayasa Lalin di Jalan Tol Selama Arus Balik

 

"Karena semua orang harus balik bekerja di daerah mereka. Tiket pasti cepat terjual. Saya saja, beli tiket ini jauh hari. Agar bisa dapat. Jadi, saya sampai Jakarta, bisa istirahat dua hari sebelum kembali bekerja," ungkapnya sambil tersenyum.

 

Kementerian perhubungan memprediksi puncak arus balik tahap pertama terjadi pada 24-25 April. Kondisi itu pun terlihat di KA Lokal di wilayah 8 Surabaya. Hingga pukul 15.00, tercatat sudah 41.838 penumpang di stasiun itu. Angka itu lebih tinggi dari hari sebelumnya yang tercatat 41.678 orang.

 

BACA JUGA:Polda Jatim Soal Mudik 2023: Angka Kecelakaan Meningkat Namun Fatalitas Menurun

BACA JUGA:Obral Diskon Tol Mulai Semarang Hingga Jakarta. Ini Daftar Tarifnya

Bahkan, dari catatan mereka, beberapa stasiun kemarin sudah mulai mengalami lonjakan penumpang, jika dibandingkan 22 April. Misalnya saja di stasiun Bojonegoro. Di sana, terjadi peningkatan 136 persen.

 

Stasiun Kertosono naik 110 persen, stasiun Tulungagung 109 persen dan stasiun Blitar naik 80 persen. Total pengguna KA Lokal Wilayah 8 Surabaya pada Lebaran 22-23 April 2023 sebanyak 71.532 orang.

 

"Kalau hari ini, stasiun yang tercatat paling sibuk terjadi di stasiun Surabaya Gubeng. Sebanyak 5.095 orang yang naik di stasiun itu. Sementara, yang turun sebanyak 5.218 orang," kata Kepala Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: