Kini Pendidikan Aditya Disorot Netizen

Kini Pendidikan Aditya Disorot Netizen

Ilustrasi Aditya Hasibuan. -Ilustrasi: Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Pendidikan anak disoal di kasus Aditya Hasibuan menganiaya Ken Admiral. Netizen membagikan video (diduga) Aditya nyetir mobil di jalan raya, tertanggal 5 Agustus 2016, ketika Aditya masih SMP. Netizen heboh. Itu dianggap memanjakan anak.

VIDEO tersebut diunggah di Instagram waktu itu, milik akun @achiruddinhasibuan. Entah itu akun milik ayah Aditya, AKBP Achiruddin Hasibuan yang kini ditahan polisi (tepatnya di-patsus), atau bukan. 

Tapi, caption di unggahan itu begini: ”#abgmasukasrama.dedek&kakak.nyetirsendiri#TTDJ.yadek#.” Di video, tampak Aditya nyetir dan di sebelahnya ada gadis lebih tua, yang ditulis sebagai ”kakak”.

Juga disebutkan, itulah tahun pertama Aditya pakai seragam putih biru (pelajar SMP).

Netizen menduga, itu akun ayah Aditya yang semula menjabat kepala Bagian Bin Ops Direktorat Narkoba, Polda Sumut.

Ada juga unggahan Aditya nyetir motor trail di jalan off road. Tampak di foto, Aditya masih lebih kecil jika dibandingkan dengan saat nyetir mobil.

Mungkin maksud netizen menyebarkan itu untuk menunjukkan bahwa pendidikan di masa kecil Aditya seperti itu. Dimanjakan. Tepatnya, salah didik. Dengan demikian, jangan kaget kalau Aditya menganiaya Ken.

Nyetir mobil milik sendiri memang boleh. Tapi, mengemudikan mobil di usia segitu membahayakan diri sendiri dan nyawa orang lain di jalan raya. Berdasar Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, disebutkan pengendara harus berusia minimal 17 tahun. 

Undang-undang itu juga mengatur syarat untuk mendapatkan surat izin mengemudi (SIM) minimal 17 tahun. Berarti, saat video itu direkam, Aditya nyetir tanpa SIM. Meski, bapaknya polisi.

Gegara heboh Aditya itu pula, netizen membagikan video bocah lain, juga sedang nyetir mobil di jalan raya. Dibagikan di akun Instagram @fakta.indo pada Rabu, 26 April 2023. Tampak bocah perempuan usia pelajar SD (sekitar usia 10 tahun) mengemudikan mobil di jalan raya.

Video tersebut awalnya diunggah di Facebook @Iznainy Success hingga akhirnya menyebar ke media sosial lainnya seperti TikTok dan Instagram. Viral.

Di video, bocah perempuan tersebut menyetir dengan wajah tegang. Sementara itu, situasi jalan raya tampak di kaca sangat ramai. Ada suara wanita memberikan arahan kepada si bocah.

Arahannya begini: ”Gas dikit. Klakson… klakson. Kanan dikit, kanan dikit… Nanti pelan-pelan menyesuaikan ya,’’ 

Setelah video itu heboh, baru diketahui itu terjadi di Samarinda, Kalimantan Timur. Di akun milik Isnaini, instruktur mengemudi mobil di sana. Bocah sepuluh tahun itu ternyata anak Isnaini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: