Brawijaya Awards, Babinsa 0829/Bangkalan Keliling Kecamatan Berikan Santunan

Brawijaya Awards, Babinsa 0829/Bangkalan Keliling Kecamatan Berikan Santunan

Serda Ahmad Saiful Bahri, mengusung aksi sosial di komunitas Infor Seputar Blega (ISB)-Foto: Tira/Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Babinsa di Kodim 0829/Bangkalan menghiasi hari-hari berdinas dengan aksi sosial. Misalnya saja yang dikisahkan Serda Ahmad Saiful Bahri, Babinsa Koramil 0829/09 Blega. 

Saiful dan kawan-kawannya dari berbagai unsur masyarakat di Kecamatan Blega, Bangkalan mendirikan sebuah forum bernama Informasi Seputar Blega (ISB). Selain berbagi informasi, grup ini juga aktif melakukan kegiatan sosial. 

Di desa binaan nya, Pangeran Gedungan dan Panjelinan, ia dan kawan-kawannya mendata warga miskin, kaum duafa, janda dan anak-anak yatim piatu. Lalu dengan dana yang terkumpul, komunitas ISB lantas memberikan santunan.  

Santunan itu ia lakukan setiap dua bulan sekali. Untuk bisa membantu masyarakat setempat, ia mengajukan proposal. Nantinya, permohonan itu, ia berikan ke instansi militer, pemerintah maupun swasta.


Kopral Adi Wijaya bercerita soal khitan gratis yang ia berikan pada warga desa binaannya-Foto: Tira/Harian Disway-

BACA JUGA:Brawijaya Awards, Aksi Babinsa Wanita Kodim 0817/Gresik Mengentaskan Stunting di Bumi Sunan Giri

BACA JUGA:Brawijaya Awards, Kodim Surabaya Selatan Jaga Wilayah Dari Gesekan Antar Ras

Aksinya memang tidak baru. Tapi yang mengagumkan adalah komitmen ISB untuk menyalurkan bantuan dari para donatur secara utuh. Alias komitmen nol saldo. “Nominalnya tidak pasti. Tapi, setiap kali kami menerima bantuan dari donatur, pasti selalu kita habiskan, Kita salurkan semuanya," katanya saat pemaparannya kepada tiga juri Harian Disway, Jumat, 5 Mei 2023.

Namun, sebelum diajukan permohonan dana ke donatur, ia akan menanyakan kondisi di desa yang akan dibantu. Seperti jumlah fakir miskin, dan anak yatim. Serta, mencari tahu untuk rumah yang akan dibantu renovasi. Setelah itu, barulah ia mengajukan proposal.

"Paling banyak kami pernah kumpulkan Rp 7 juta untuk dua rumah. Juga untuk 100 anak yatim sebesar Rp 25 juta. Program ini sudah masuk ke tahap 26," terangnya. 

BACA JUGA:Brawijaya Awards, Babinsa Bondowoso Gratiskan 5 Pasien dan Perbaiki 15 Rumah

BACA JUGA:Brawijaya Awards, Dahlan Iskan Puji Program Mengajar Bahasa Inggris Babinsa Sumenep

Sampai saat ini, sudah ada 24 warga miskin yang tersebar di 12 desa yang dibantu. Serta menyantuni anak yatim di 14 desa. Kegiatan lain yang dikerjakannya selama menjadi babinsa di Koramil 0829/09 Blega diantaranya: masuk ke dapur warga yang kurang mampu.

Lalu ada Sertu Fery Rasmohadi yang ikut melestarikan budaya daerah dengan ikut dalam beladiri Bantaran Angin. Itu bela diri asli Madura. Sekitar satu tahun ia mengikuti olahraga itu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: