Panjat Tebing Indonesia Target Pertahankan Emas di IFSC World Cup 2023 Seri Jakarta

Panjat Tebing Indonesia Target Pertahankan Emas di IFSC World Cup 2023 Seri Jakarta

Veddriq Leonardo menjadi pemegang rekor dunia nomor speed. Ia akan tampil di IFSC World Cup 2023 Seri Jakarta -IFSC-

IFSC (International Federation of Sport Climbing) World Cup 2023 Seri Jakarta akan berlangsung pada 6-7 Mei ini di Lot 6, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan. Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) menurunkan 22 atlet.

 

“Kejuaraan Dunia Panjat Tebing kategori speed menjadi salah satu seri kejuaraan dunia IFSC. Kami sudah dua kali mendapat kesempatan ini. Ajang ini akan diikuti sekitar 120 atlet. FPTI mengirim 12 atlet putra dan 10 atlet putri,” kata Ketua Umum FPTI Yenny Wahid dalam jumpa pers pada Jumat (5/5) di kawasan Senayan, Jakarta itu.

 

Dari 22 atlet juga juga termasuk Veddriq Leonardo. Ia merupakan pemegang rekor dunia nomor speed saat ini. Rekor terbaru ia pecahkan saat babak kualifikasi IFSC World Cup 2023 Seri Seoul pada 28-30 April lalu. Veddriq mencatat waktu 4,98 detik.

 

Yenny sendiri tidak mematok Veddriq untuk memecahkan rekor pada IFSC World Cup 2023 Seri Jakarta ini. Baginya mempertahankan catatan waktu saja sudah bagus. “Tidak ada target bagi dia untuk memecahkan rekor dunia lagi. Tetapi targetnya tentu mendapat medali,” ujar putri dari Presiden Ke-4 Indonesia Abdurrahman Wahid itu.

 

Rekor sebelumnya dipegang oleh Kiromal Katibin pada IFSC World Cup Seri Prancis pada Juli 2022 lalu. Saat itu Katibin mencatat rekor 5,00 detik. Yenny menyebutkan bahwa kondisi Katibin memang belum fit karena mengalami cedera siku. Tetapi Katibin tetap turun pada ajang ini.

 

“Sehingga waktu kualifikasi kemarin agak tersendat. Sekarang dia masih pemulihan. Tapi kami sangat bersyukur bahwa prestasi atlet kita rata-rata cukup berimbang. Saat ada yang cedera, ada bintang-bintang baru dan lama yang konstan meraih prestasi,” ujar Yenny.

 

Pada IFSC World Cup 2022 Seri Jakarta di kawasan SCBD lalu, Aspar Jaelolo keluar sebagai juara. Pada laga puncak, Aspar mencatat waktu terbaik 5,39 detik dan mengalahkan kompatriotnya, Katibin.

 

Kali ini Yenny berhadap capaian itu bisa terulang lagi. “Kalau FPTI menargetkan atlet bisa mempertahankan prestasinya. Syukur-syukur bisa all Indonesian final dan bisa dapat medali. Kalau bisa medali emas,” imbuhnya.

 

Daftar Atlet Indonesia dalam IFSC World Cup 2023 Seri Jakarta

Putra

Aspar Jaelolo

Raharjati Nursamsa

Aditya Tri Syahria

Pangeran Septo Wibowo Siburian

Muhammad Hinayah

Kristanto Ramski Aswin

Veddriq Leonardo

Kiromal Katibin

Sabri

Muhammad Fajri Alfian

Zainal Aripin

Rahmad Adi Mulyono

 

Putri

Desak Made Rita Kusuma Dewi

Nurul Iqamah

Rajiah Sallsabillah

Eka Dian Krismawati

Alivany Ver Khadijah

Puja Lestari

Nurma Anjani

Surya Kusuma Berthdigna Devi

Susan Nurhidayah

Mutia Amanda Narda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: