Agus Prayogo dan Odekta Naibaho Kawinkan Emas Maraton di SEA Games 2023

Agus Prayogo dan Odekta Naibaho Kawinkan Emas Maraton di SEA Games 2023

AGUS PRAYOGO menunjukkan emas di podium SEA Games 2023 di Angkor Wat, Kamboja, 6 Mei 2023.-Instagram PB PASI-

HARIAN DISWAY – Sabtu pagi, cabor maraton sudah membuat bendera Merah Putih Indonesia berkibar di SEA Games 2023. Dua jagoan Indonesia, Agus Prayogo dan Odekta Naibaho, sama-sama merebut emas. Mereka merampungkan lomba di kawasan Angkor Wat, Kamboja, sebagai yang tercepat.

Agus Prayogo mengamankan emas setelah menyelesaikan lomba 42,195 km dalam waktu 2 jam, 32 menit, 59 detik. Lawannya, Arlan Estobo Arbois (Filipina), tertinggal hampir setengah menit. Dan harus puas mendapat perak. Sedangkan perunggu diraih Nguyen Thanh Hoang asal Vietnam dengan 2 jam, 35 menit, 49 detik.

’’Saya sangat bersyukur bisa kembali meraih emas. Setelah di Hanoi (SEA Games 2021 di Vietnam, Red), hanya meraih perak. Ini saya persembahkan buat seluruh rakyat Indonesia,’’ ungkap Agus Prayogo, sebagaimana dikutip Antara.


ODEKTA NAIBAHO menunjukkan emas di podium SEA Games 2023 di Angkor Wat, Kamboja, 6 Mei 2023.-Instagram PB PASI-


Agus Prayogo bercerita, ia sudah berusaha memperlebar jarak dengan para pesaingnya sejak kilometer 17. ’’Waktu jaraknya sudah cukup jauh, saya terus bertahan di pace itu. Karena berdasarkan pengalaman di Hanoi, saya disalip oleh pelari Vietnam di lima kilometer terakhir,’’ papar runner kelahiran Magelang, berusia 37 tahun tersebut.

Bagi Agus Prayogo, ini adalah medali emas ke tujuh di ajang SEA Games. Namun baru yang kedua di nomor maraton. Sebelumnya, ia banyak meraih medali dari nomor 5.000 meter dan 10.000 meter.

Di sisi lain, Odekta Naibaho mengulang prestasinya di SEA Games 2021 Hanoi. Kali ini, dia mencatatkan waktu 2 jam, 48 menit, 14 detik. Lebih cepat dari atlet Vietnam Le Thi Thuyet (2 jam, 49 menit, 21 detik), dan Christine Hallasgo dari Filipina (2 jam, 50 menit, 27 detik).

Pelari bernama lengkap Odekta Elvina Naibaho itu juga memperpanjang catatan dia sendiri di SEA Games. Dua tahun lalu, pelari 32 tahun tersebut menuntaskan lomba dalam waktu 2 jam, 55 menit, 28 detik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: