Magang di Jaguar Land Rover, Inggris, Mahasiswa UK Petra terlibat Proyek Mercia Park

Magang di Jaguar Land Rover, Inggris, Mahasiswa UK Petra terlibat Proyek Mercia Park

Lidwynne berpose saat mulai magang di Jaguar Land Rover Inggris, pada Februari 2023.-Petra Christian University-

SURABAYA, Harian Disway - Mahasiswi program Desain Komunikasi Visual (DKV) UK Petra, Lidwynne Princessa Herwindo, menerima beasiswa dari Coventry University di Inggris. Sejak Februari 2023, dia menjalani magang di Jaguar Land Rover (JLR), perusahaan otomotif multinasional asal Inggris yang bergerak di bidang produksi kendaraan mewah.

Beasiswa itu didapat berkat perjanjian kerja sama bilateral antara Petra Christian University (atau yang akrab disebut UK Petra) dan Coventry University di Inggris. Hasil dari kerja sama itu memungkinkan mahasiswa dari UK Petra seperti Lidwynne mendapatkan pengalaman kerja melalui program magang selama satu semester.

Kerjasama itu dirintis dan disepakati oleh Dr Listia Natadjaja, Ketua Program Studi DKV UK Petra, Dr. Dwi Setiawan, Dekan Fakultas Humaniora dan Industri Kreatif UK Petra, dan Prof. Benny Tjahjono, Profesor di bidang Sustainability dan Supply Chain Management, Centre for Business in Society (CBiS). 

Dalam program itu, Lidwynne terlibat di proyek Mercia Park dan penggunaan media visual dalam berkomunikasi. "Mercia Park merupakan proyek besar yang sedang berlangsung, bertujuan untuk mengkonsolidasikan suku cadang aftermarket mobil Jaguar dan Land Rover di satu lokasi gudang,'' jelas Lidwyne.

Dalam proyek besar seperti Mercia Park, tantangan terbesrnya justru komunikasi. Karena kesibukan semua orang yang terlibat di dalamnya. "Padahal komunikasi sangat penting untuk menjaga lingkungan kerja yang positif dan kerja sama tim yang efisien,'' terang dia.

BACA JUGA: Umar Syaroni, Penyandang Disabilitas Peraih Beasiswa Doktor di Australia

BACA JUGA: Penerima Beasiswa Luar Negeri Tak Pulang, Marak Fenomena Brain Drain

Sebagai mahasiswa DKV, Lidwyne membantu anggota tim meningkatkan komunikasi internal dan eksternal dengan menciptakan konten yang menarik secara visual. Demi menarik perhatian publik, sekaligus dapat dan bisa menyampaikan informasi yang kompleks dengan lebih cepat, sekaligus menambah dampak emosional.

Bagan, diagram, dan ilustrasi dalam visual yang dibuat oleh Lidwynna dan tim, diharapkan dapat menjelaskan proses dan data yang rumit dengan mudah. "Sebagai pelajar Indonesia di Inggris, penggunaan media visual untuk berkomunikasi dapat mendobrak hambatan bahasa," dia menjelaskan.

Hasil dari proyek tersebut mencakup beberapa media komunikasi visual yang dapat digunakan oleh tim komunikasi untuk mengikutsertakan para pemangku kepentingan. Khususnya dalam mengkomunikasikan berita dan informasi terbaru dari perusahaan, dan mempromosikan proyek-proyek di Jaguar Land Rover kepada publik melalui jangkauan media dan media sosial.

Menurut Lidwynne, membangun kerja sama tim dan ikatan yang kuat di tempat kerja membutuhkan lebih dari sekadar pengetahuan dasar tentang apa yang dilakukan oleh rekan kerja di kantor. Program magang yang dijalani Lidwynne berlangsung hingga bulan Juni 2023. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: