Chinese Ornament Christmas Tree dan Pohon Natal Kresek Hiasi Kampus PCU

Chinese Ornament Christmas Tree dan Pohon Natal Kresek Hiasi Kampus PCU

Chinese Ornament Christmas Tree dan pohon Natal kresek hiasi kampus PCU. Salah seorang mahasiswi mengagumi pohon Natal ala Tionghoa yang ada dalam Perpustakaan PCU Surabaya. -Petra Christian University-

HARIAN DISWAY - Menyambut hari kelahiran Yesus Kristus, kampus Petra Christian University (PCU) bersolek. Para mahasiswa membuat Chinese ornament christmas tree dan pohon natal kresek, dan berbagai hiasan cantik dengan tema Tionghoa.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, jelang Natal 2023, kampus swasta nomor satu di Surabaya berdasarkan pemeringkatan universitas dunia QS Asia University Rankings (AUR) 2023 itu mengambil tema Natal di Tiongkok. Suasana Natal tersaji di berbagai sudut kampus tersebut.

Rektor PCU Prof Djwantoro Hardjito, menyebut bahwa nuansa Natal di PCU memang dibuat berbeda dari tahun ke tahun. “Karena kabar sukacita Natal itu ditujukan bagi semua bangsa, segala suku bangsa dan semua kelompok masyarakat yang ada di dunia. Nah, tahun ini kami memilih negara Tiongkok, yang cocok dengan visi PCU yang mengglobal,” katanya.

BACA JUGA: Bisnis Menarik ala PCU di Manbision Festival 5.0 x Mr. Markett


Chinese Ornament Christmas Tree dan pohon Natal kresek hiasi kampus PCU. Chinese Christmas Tree yang terpajang di ruang perpustakaan PCU. Rayakan Natal, PCU usung tema Tionghoa Peranakan. -Petra Christian University-

Memasuki gate utama, atau Entrance Hall lantai 1, pengunjung dapat melihat pohon natal berukuran besar yang penuh dengan ornamen ala Tiongkok. Pencahayaan pun ditata dengan meriah. Pohon Natal bernuansa merah itu dilengkapi ornamen lampion dan kipas tradisional Tiongkok.

Sedangkan di lapangan hijau yang dekat dengan signage “I Love PCU”, terdapat pohon Natal yang dibuat dari kantung plastik, atau kresek setinggi 5 meter. Pohon natal itu mengangkat tema Tionghoa dalam Keindonesiaan. 

Maka, pohon Natal itu banyak didominasi oleh nuansa warna merah dan putih dengan sentuhan ornamen Tionghoa berwarna pink, kuning, dan cokelat muda.

“Karya apik ini merupakan hasil rancangan dari 60an mahasiswa Architecture PCU semester 1. Mereka adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Studio Merancang,” kata Christine Wonoseputro, S.T., M.ASD., selaku dosen dan Kepala Studio Merancang 1.

BACA JUGA: Gelar SFF 2023, PCU Ajak Pelajar Peduli Lingkungan

Pohon itu dikerjakan selama 10 jam oleh para mahasiswa, dikerjakan dengan semangat kebersamaan. Mereka begitu totalitas, demi memberikan yang terbaik untuk kemuliaan Tuhan Yesus sebagai bagian dari perayaan Natal di kampus PCU.
Chinese Ornament Christmas Tree dan pohon Natal kresek hiasi kampus PCU. Tampak dua mahasiswa PCU berpose di depan pohon Natal dari kresek atau kantung plastik, yang dibuat oleh para mahasiswa PCU. -Petra Christian University-

Para mahasiswa belajar berbagi, baik dalam sistem kerja, manajerial kelompok, dan kreativitas. Christine awalnya berpikir tentang bahan yang cocok untuk membuat pohon Natal yang diletakkan di luar ruangan, atau outdoor

“Bahannya harus waterproof, supaya tahan hujan. Tetapi nuansa Tionghoa peranakan yang merupakan bagian dari NKRI harus muncul. Saya coba tawarkan pada para mahasiswa. Ternyata mereka menyambut dengan antusias. Maka jadilah kami menggunakan tas kresek bekas, baik warna merah dan putih dibentuk pom-pom," ujarnya. 

Ternyata, itu bisa menjadi pembelajaran yang menyenangkan. Pun, secara tidak langsung, kegiatan itu dapat membantu para mahasiswa menerapkan soft skill mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: