Foto Peraih Photo of The Year APFI 2023 Membawa Ingatan dan Pembelajaran Terkait Kanjuruhan

Foto Peraih Photo of The Year APFI 2023 Membawa Ingatan dan Pembelajaran Terkait Kanjuruhan

Korban Gas Airmata, Foto karya Fotografer Jawa Pos Guslan Gumilang meraih Photo Of The Year dalam Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) di Balai Pemuda, Jumat, 12 Mei 2023-Julian Romadhon-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Salah satu dari 11 pemenang Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2023 yang meliputi 7 kategori, ada satu anugerah yang utama yakni Phote of The Year APFI. Dengan foto berjudul Gas Air Mata, foto karya fotografer Jawa Pos Guslan Gumilang itu akhirnya meraih penghargaan tersebut.

 

Suryanto Ketua PFI Surabaya mengatakan bahwa keunggulan Photo of The Year dengan judul foto Korban Gas Air Mata itu menggambarkan hal-hal yang harus diingat dan menjadi pembelajaran. Sehingga apa yang terjadi pada foto tersebut tidak terulang.

 

"Karena 135 nyawa yang hilang pada saat itu bukan hanya angka. Namun, sesuatu yang harus diusut dengan tuntas dan dengan benar. Jangan sampai terulang lagi kasus seperti di Kanjuruhan," paparnya kepada Harian Disway.

 

Penerimaan anugerah foto itu, dilaksanakan di Surabaya, Jumat, 12 Mei 2023. Tepatnya di Gedung Balai Pemuda. “Selamat kepada seluruh penerima Anugerah, semoga foto-foto yang membanggakan ini bisa menjadi penyampai pesan kepada khalayak dan pemerintah jika ada hal-hal yang belum tuntas," kata Reno Ansir, Ketua Umum PFI.

 

"Dan juga terima kasih kepada semua pihak yang mendukung APFI 2023, award ini tidak akan terselenggara tanpa bantuan dari semua mitra dan stakeholder yang mendukung,” sambungnya.

 

APFI merupakan ajang tertinggi bagi insan wartawan foto di Indonesia. Ribuan foto yang dikirim diseleksi oleh 5 orang dewan juri. Mereka dari pewarta foto, jurnalis senior, praktisi fotografi, atau akademisi.Ribuan pewarta foto dari seluruh Indonesia mengikuti ajang Mereka berlomba-lomba mengirimkan hasil karya terbaiknya.

 

Setelah penjurian yang dilaksanakan selama 12 jam, dari 2.512 foto yang dikirim oleh 300 pewarta foto, dewan juri memilih 13 foto terbaik. Dengan 7 kategori yang dilombakan. Inilah hasil lengkap pemenang APFI 2023:

1. Foto Esai Terbaik Kategori General News: Abriansyah Liberto-Tribun Sumsel, Judul foto: Stunting

2. Foto Tunggal Terbaik Kategori Sport: Thoudy Badai-Republika Judul foto: Moto GP Mandalika

3. Foto Esai Terbaik Kategori Sport Agoes Rudianto-freelance, Judul foto: Melompat Lebih Tinggi

4. Foto Tunggal Terbaik Kategori Art, Culture, & Entertainment: Igoy El Fitra-ANTARA, Judul foto: Festival Galundi Singkarak

5. Foto Tunggal Terbaik Kategori Environment & Nature Fachrul Reza - Freelance Judul foto: Mencegah Tumpahan Minyak

6. Foto Esai Terbaik Kategori Environment & Nature: Muhammad Zaenuddin-Kata Data, Judul foto: Racun di Langit Marunda

7. Foto Tunggal Terbaik Kategori People in The News: Faizal Fanani-Liputan6.com, Judul foto: Rekonstruksi Kasus Kematian Joshua.

8. Foto Esai Terbaik Kategori People in The News: Arief Priyono-Project Multatuli

Judul foto: Duka Bola dan Airmata Aremania

9. Foto Tunggal Terbaik Kategori Spot News Aditya Aji Saputra-AFP, Judul foto: Duka Cianjur

Foto Esai Terbaik Kategori Spot News Hayu Yudha Prabowo-Kliktimes Malang, Judul foto: Tragedi Kelam Sepak Bola Indonesia

10. Foto Tunggal Terbaik BULOG-APFI Kategori Citizen Journalist: Zikri Maulana, Judul foto: Banjir Putus Akses Jalan.

11. Photo of The Year APFI dan Foto Tunggal Terbaik Kategori General News Guslan Gumilang-Jawa Pos, Judul foto: Korban Gas Air Mata. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: