Aturan Pemain Asing Liga 1 Resmi 5+1 Asean, Wajib Mainkan Minimal Satu Pemain U-23

Aturan Pemain Asing Liga 1 Resmi 5+1 Asean, Wajib Mainkan Minimal Satu Pemain U-23

Dua pemain asing Persebaya Sho Yamamoto dan Ze Valente tampil trengginas melawan PSS Sleman di Gelora Joko Samudro, Gresik.-Persebaya-

Selain soal jadwal kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) juga sudah menetapkan aturan penggunaan pemain. Baik lokal maupun asing.

Aturan tersebut disampaikan LIB pada klub-klub peserta Liga 1. Harian Disway menerima copy surat yang ditandatangani Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, 10 Mei 2023 itu.

Dokumen itu berisi empat halaman. Di halaman kedua dibahas soal penggunaan pemain. Di sana dijelaskan, kuota maksimal pemain per klub 35 pemain.

Batas usia pemain minimum kelahiran 1 Juli 2006. Tiap klub wajib memainkan pemain minimal satu pemain U23. Kelahiran maksimal 1 Juli 2001. Pemain itu wajib ada dalam starting eleven dengan durasi bermain minimal 45 (empat puluh lima) menit.

Jika pemain tersebut dipanggil Timnas, maka penggantinya diperbolehkan menggunakan pemain lainnya yang sudah didaftarkan klub.

BACA JUGA: Liga 1 Kick Off 1 Juli 2023, Ada Format Reguler dan Championship Series

Sementara terkait pemain asing, kuotanya sebanyak 5+1 pemain. Lima pemain bebas dan satu anggota ASEAN. Seluruhnya bisa dimainkan di setiap pertandingan.

Periode Transfer Matching System (TMS) ada dua. Periode pertama 12 Juni–3 September 2023. Lalu periode kedua, 1 - 28 November 2023.

Sebelumnya jdwal Liga 1 sudah diputuskan. Kick off Liga 1 bakal dilangsungkan 1 Juli 2023. Liga 1 akan berakhir pada 26 Mei 2024. LIB menerapkan format reguler series dan championship series.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: