Geliat Bangun Kota Reog: Harmoni Sugiri-Lisdyarita Membangun Peradaban (30)

Geliat Bangun Kota Reog: Harmoni Sugiri-Lisdyarita Membangun Peradaban (30)

Potongan Tumpeng pertama dari Bupati Sugiri Sancoko diberikan ke Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita di acara penyambutan keluarga bupati sepulang umrah, 11 Mei 2023.-Prokopim Ponorogo-

Masa jabatan lima tahun Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko-Lisdyarita terpangkas gara-gara pemilu serentak 12 Februari 2024 mendatang.  Energi yang dikeluarkan untuk mewujudkan Ponorogo Hebat harus dikebut dalam tiga tahun. Kekompakan bupati dan wakilnya menjadi syarat utama.

Tabuhan rebana riuh membahana di lorong samping kediaman Bupati Ponorogo, Kamis, 11 Mei 2023. Lantunan selawat mengiringi kedatangan Sugiri Sancoko dan keluarga yang baru saja menunaikan ibadah umrah.

Kang Giri turun dari mobilnya dengan busana serba putih dan peci hitam. Senyumnya merekah, seperti tak menyangka akan disambut semeriah itu. Sang istri, Sulisilowati turut mengiringi beserta tiga anak mereka: Jian Ayune Sundul Langit, Lintang Panuntun Qolbu, dan Gibran Cahyaning Pangeran. 

Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita menyambut kedatangan mereka dengan haru. Bunda Rita -begitu dia dipanggil- sempat menitikkan air mata kala menyalami Kang Bupati. Dia bersyukur, Sugiri bisa menunaikan ibadah umrah dengan lancar dan tiba dalam keadaan sehat. 

Meja dan kursi di halaman belakang Pringgitan, sebutan kediaman Bupati Ponorogo disingkirkan sementara. Diganti karpet merah karena banyaknya tamu yang datang.

BACA JUGA:Geliat Bangun Kota Reog: Ponorogo Tak Melulu Sate dan Pecel (28)

BACA JUGA:Geliat Bangun Kota Reog: Fokus Perbaiki Jalan Poros Desa (27)

Di belakang Rita,  Sekretaris Daerah Agus Pramono berbaris rapi bersama jajaran kepala dinas. Semua camat juga hadir menyambut sang bupati. Surigi memeluk dan menyalami satu persatu pejabat Eselon II dan III itu.

Tumpeng disiapkan untuk acara selamatan. Potongan pertama yang jadi simbol penghormatan diberikan ke wabup. Rita dianggap berhasil mengembang tugas Plt Bupati Ponorogo selama Kang Giri cuti. “Saya lihat, bu wabup berkaca-kaca. Berlinang air mata,” ucap Kang Giri dalam sambutannya. 

Sugiri memuji kegigihan Rita. Tugas kepala daerah selama masa cutinya dilaksanakan dengan cekatan dan responsif. Ada beberapa persoalan yang muncul di awal Mei. Pemkab Ponorogo diserang kabar tak sedap.


Wabup Ponorogo Lisdyarita meninjau lokasi jalan rusak di Desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun, Senin, 8 Mei 2023. Ia merangkap jabatab sebagai Plt Bupati Ponorogo selama Kang Giri dan keluarga umrah. -Prokopim Ponorogo-

Video warga yang memperbaiki jalan di desa Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun viral di media sosial. Persepsi publik jadi liar. Terkesan Pemkab Ponorogo tidak memperhatikan jalan poros desa.

Padahal, Dinas Pekerjaan Umum Kawasan Permukiman (DPUKP) Ponorogo sudah menganggarkan Rp 1,6 miliar untuk memperbaiki akses di kawasan selatan itu. Beberapa bulan sebelumnya, perbaikan sementara juga sudah dilaksanakan. Namun jalan rusak lagi karena hujan deras yang mengguyur kawasan selatan Ponorogo itu. Saat video itu viral, detail engineering design (DED) perbaikan jalan masih berlangsug. Lelang dilakukan segera.

Rita terjun langsung ke lokasi beserta jajaran DPUKP, kecamatan, dan desa setempat. Dia menerangkan ke warga desa bahwa perbaikan jalan sudah dianggarkan di APBD Ponorogo. Suasana pun dapat dinetralisir dalam sekejap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: