Let’s Recycle, It’s Your Future: Adik-adik Ayo Lakukan 3R pada Sampah!

Let’s Recycle, It’s Your Future: Adik-adik Ayo Lakukan 3R pada Sampah!

Siswa-siswi SDN Jemur Wonosari 1 dalam acara Let’s Recycle, It’s Your Future--Elvina Talitha Alawiyah

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Novotel Samator East Surabaya Hotel mengajak siswa-siswi SDN Jemur Wonosari 1 untuk menerapkan 3R: Reduce, Reuse, dan Recycle. Kegiatan edukasi bertema Let’s Recycle, It’s Your Future itu digelar Senin, 15 Mei 2023.

 

Novotel Samator East Surabaya juga berkolaborasi dengan Universitas Kristen Petra dengan menggandeng dr Dimes Atika sebagai pembicara. Setelah menjelaskan dampak pengelolaan sampah yang kurang memadai terhadap kesehatan manusia dan lingkungan, dr Dimes menawarkan gerakan 3R sebagai solusi.

 


Dokter Dimes Atika, Puteri Indonesia Jawa Timur Berbakat 2019 saat menjelaskan 3R di Novotel Samator Surabaya Timur--Elvina Talitha Alawiyah

 

Reduce

Gerakan reduce merupakan usaha untuk mengurangi penggunaan produk atau barang yang berpotensi menghasilkan sampah. Salah satunya adalah botol air minum kemasan, sedotan, dan makanan kemasan lainnya.

 

Alumni Puteri Indonesia Jawa Timur Berbakat 2019 itu menyarankan agar para siswa dapat membawa alat makan sendiri sehingga tidak perlu menggunakan alat sekali pakai. Jika pergi ke swalayan, jangan lupa membawa tas sendiri agar tidak perlu menggunakan plastik sebagai wadah barang bawaan.

 

Reuse

Reuse merupakan kegiatan atau usaha mengurangi sampah dengan penggunaan kembali produk/barang. Contoh sederhana adalah memanfaatkan kembali kaleng biskuit sebagai celengan, menggunakan kertas bekas sebagai bungkus atau amplop, dan menggunakan botol sabun mandi isi ulang.

 

Hal yang perlu diperhatikan adalah kebersihan produk yang akan digunakan kembali. Wajib hukumnya untuk dicuci bersih terlebih dahulu menggunakan sabun. “Kalau tidak dibersihkan, bisa bahaya untuk kesehatan kita, jadi jangan lupa dibersihkan ya adik-adik,” imbau dr Dimes Atika.

 


Siswa yang sedang menulis materi 3R dalam acara Let’s Recycle, It’s Your Future --Elvina Talitha Alawiyah

 

Recycle

Mendaur ulang merupakan kegiatan mengurangi sampah dengan mengolah kembali sampah yang tak bernilai menjadi sebuah barang yang memiliki nilai kegunaan. Proses daur ulang tidak boleh melibatkan kegiatan yang dapat mencemari lingkungan atau bahkan menambah sampah.

 

“Perbedaan reuse dan recycle apa? Kan sama-sama digunakan kembali,” ucap Galang salah satu murid kelas 5 dari SDN Jemur Wonosari 1. Alumni Puteri Indonesia Jatim Berbakat 2019 yang menempuh pendidikan medis tersebut menjelaskan perbedaannya, yaitu proses reuse jauh lebih sederhana dari recycle.

 

Recycle melibatkan proses kreativitas yang lebih rumit karena perlu membangun sesuatu yang baru dari sisa sampah. Contohnya, recycle botol plastik menjadi vas bunga perlu proses memotong dan menghiasnya dengan cat warna. Ada pula usaha daur ulang lainnya seperti membuat taplak meja dari sisa kain, membuat kotak tisu dengan kardus bekas, dan bentuk kreasi bernilai lainnya.

 

Demikian sosialisasi 3R Reduce, Reuse, dan Recycle dari Novotel Samator East Surabaya Hotel bersama dr Dimes Atika. Ayo cintai lingkungan dengan memulai budaya 3R. (Dara Nabila Salsabyla)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: