Victor Nasution: The Gembell's Jarang Buat Lagu Cinta

Victor Nasution: The Gembell's Jarang Buat Lagu Cinta

Victor Nasution, vokalis sekaligus pendiri The Gembell's.-M Sahirol Layeli/HARIAN DISWAY-

SURABAYA, HARIAN DISWAY,- Rambut memutih/Wajah berkerut/Cekung dadanya dan kurus tubuhnya/Perang dan juang/Kini berlalu/Menjelma kemakmuran negaranya/Dia terlupakan... Lagu berjudul Pahlawan yang Dilupakan itu dinyanyikan The Gembels, dalam penampilannya di Michael Tj Gelato & Cafe, pada Minggu, 14 Mei 2023.

Saat membawakannya di atas panggung, Victor Nasution, vokalis sekaligus pendiri band legendaris itu, memberitahu bahwa lagu itu diciptakan berdasarkan pengalaman. “Ada sosoknya. Waktu itu saya sedang berjalan-jalan di kawasan Malioboro, Yogyakarta,” ujar Victor. Lantas, ia melihat seorang pemain kecapi. Permainannya cukup bagus, dan orang itu mengenakan seragam pejuang.

BACA JUGA: Victor Nasution & The Gembell's, Pelopor Musik Kota Pahlawan (1): Nganggur Sebulan di Singapura

Setelah ditanya, rupanya ia bekas pejuang yang turut berperang saat revolusi bergolak. “Karena tak ada penghasilan, juga tak ada penghargaan dari pemerintah, beliau mengamen di jalan,” ujar vokalis 80 tahun itu. Maka dari rasa iba itu, terciptalah lagu Pahlawan yang Dilupakan. “Seorang pahlawan, pejuang, tapi hidupnya sengsara setelah turut membela tanah air,” ungkapnya.

Dalam pementasan itu, Victor juga membeberkan rahasia yang tak banyak diketahui orang. Bahwa disadari atau tidak, The Gembells sangat jarang membuat lagu bertema asmara. “Hanya ada dua. Judulnya Sedih Hatiku dan Bunga Lalang. Bukan hits. Itu karena tuntutan label saja. Bikinnya juga terpaksa,” ungkapnya, lantas tertawa.

The Gembells lebih menaruh perhatian pada tema-tema sosial atau kritik mereka pada ketimpangan. Seperti lagu Hay Dokter yang kontroversial. Lagu itu terdengar memberi kritik tajam pada profesi dokter, yang tak mengindahkan sumpahnya, melainkan sibuk mencari keuntungan. “Sebab saya sendiri pernah mengalami itu. Gara-gara lagu Hay Dokter, saya dipanggil IDI waktu itu,” ujarnya. Lantas tertawa.

BACA JUGA: Victor Nasution & The Gembell's, Pelopor Musik Kota Pahlawan (4): Dipanggil IDI Gara-Gara Hey Dokter

Penampilan The Gembells disambut antusias oleh publik penggemar musik Surabaya. Apalagi, menurut Victor, The Gembells adalah band pertama kali dari Surabaya yang masuk dapur rekaman, kemudian berhasil meraih popularitas.

Victor dapat dibilang sebagai vokalis band rock legendaris tertua di Indonesia. Ahmad Albar, vokalis Godbless, usianya “baru” 76 tahun. Masih di bawah Victor yang kini telah 80 tahun. (Guruh Dimas Nugraha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: