Soe Tjen Marching dan Fakta Gerakan 1 Oktober 1965: Kliping Pengakuan Gerwani (16)

Soe Tjen Marching dan Fakta Gerakan 1 Oktober 1965: Kliping Pengakuan Gerwani (16)

Soe Tjen Marching (kanan) bersama suami dan mantan mahasiswanya di SOAS University, di kediamannya di London.-Soe Tjen Marching-

Menyusul selebaran yang dipasang di papan pengumuman desa. Isinya, kliping koran yang menunjukkan foto seorang Gerwani. Kliping itu menuliskan bahwa perempuan itu telah mengaku menyilet-nyilet para jenderal. Bahkan memperkosa mereka, lalu setelahnya menari-nari telanjang di depan mereka yang sekarat.

Para penduduk desa berkumpul di depan papan pengumuman itu. Membacanya dengan seksama. Tak jarang, mereka mengutuki Gerwani, memberi sumpah serapah pada PKI dan semacamnya. Mereka secara langsung telah menjadi korban dari penulis berita yang hanya ingin memperkeruh suasana.

"Huh," tukasnya lirih. Sejenak meminum teh hangat yang tersedia di mejanya. Kemudian melanjutkan, "Saya tahu betul Gerwani-Gerwani itu. Saya terlibat di dalamnya. Kami ini tak serendah dan sebiadab itu. Tapi mungkin jika saya tak paham, saya akan percaya begitu saja. Seperti penduduk desa yang awam," ujarnya. (Guruh Dimas Nugraha)
 
Indeks: Para Tionghoa difitnah, baca besok...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: