Peristiwa Politik Akhir Pekan: Prabowo Bertemu SBY, Anies Bersua JK

Peristiwa Politik Akhir Pekan: Prabowo Bertemu SBY, Anies Bersua JK

PERTEMUAN Prabowo Subianto dan SBY di Wisma Drupadi, Pacitan, Sabtu, 20 Mei 2023. -Foto: Tim Media Prabowo Subianto-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tentu banyak pendukung di tanah kelahirannya, Pacitan. Mungkin itulah yang dimanfaatkan oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Menteri Pertahanan itu menemui ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu di Wisma Drupadi di samping Museum dan Galeri Seni SBY-Ani, Pacitan, Sabtu, 20 Mei 2023. 

"Dari Koramil saya sempat mampir ke Pak SBY. Saya menjenguk beliau. Halalbihalal. Ini masih bulan Syawal, ya," kata Prabowo. Menurut Prabowo, SBY adalah seniornya di Akademi Militer. Pada pertemuan tersebut keduanya banyak bernostalgia. 

BACA JUGA:Di Milad PKS, Anies Baswedan Tegaskan Kasus Johnny G. Plate Tak Pengaruhi Soliditas KPP

Kepada wartawan Prabowo tak menyinggung urusan politik. Ia hanya berkelakar tiap kali ditanya soal pembicaraan politik dengan SBY. Namun, tanpa bicara politik, pertemuan Prabowo dan SBY tentu sudah menjadi peristiwa politik.  

Hubungan SBY dan Prabowo mengalami pasang surut. Pasca reformasi 1998, SBY merupakan salah seorang anggota Dewan Kehormatan Perwira (DKP) yang ikut menandatangani rekomendasi pemecatan Prabowo dari TNI atas tuduhan pelanggan HAM. Pada 2009, Prabowo juga menjadi cawapres Megawati Soekarnoputri menjadi lawan politik SBY. Dan para 2019, SBY mendukung Prabowo-Hatta Rajasa pada Pilpres 2019. Untuk Pilpres 2024, Partai Demokrat telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden. 


ANIES BASWEDAN berjalan di panggung Milad-21 PKS di Istora Senayan, Jakarta, bersama Jusuf Kalla, dan pimpinan PKS: Salim Segaf Aljufri dan Ahmad Syaikhu, di Istora Senayan, Jakarta, 20 Mei 2023. -Foto: Ariel Karel-PKS-

Anies Bersua JK

Peristiwa politik di Jakarta juga terus hangat. Peringatan Milad ke-21 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dihadiri capres Anies Baswedan dan mantan Wapres Jusuf Kalla (JK). Tentu juga dihadiri sejumlah tokoh yang lain seperti Agus Harimurti Yudhoyono, dan Ahmad Basarah. Dan yang pasti pemilih hajat Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Aljufri dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu. 

JK dalam sambutannya memberikan pesan khusus kepada Anies Baswedan. "Lima tahun yang akan datang (2024-2029) bukan tempat nyaman mengurus negeri. Tapi kalau bisa diselesaikan merupakan heroes dan pahlawan kemanusiaan," ujar JK kepada Anies.

Menurut JK, presiden setelah Jokowi akan mendapat beban untuk membayar utang. Nominalnya, kata JK, merupakan yang terbesar dalam sejarah Indonesia sejak merdeka. "Berutang gampang, tapi yang susah membayar utang. Kita diwarisi untuk membayar utang. Pahlawan yang sebenarnya dia yang selesaikan persoalan," kata JK. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: