Main Perahu, Skateboard, dan Basket di Asreboyo, Taman Baru di Tepi Kalimas Surabaya

Main Perahu, Skateboard, dan Basket di Asreboyo, Taman Baru di Tepi Kalimas Surabaya

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, bersama Kepala Diporapar Surabaya Wiwiek Widayati (kiri, baju kotak-kotak biru), dan Kepala DLH Surabaya Agus Hebi Djuniantoro (kanan, kaos hijau), meresmikan wisata perahu Sungai Kalimas, di dermaga Taman Asreboyo, Minggu,-Julian Romadhon-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Wisata taman di Surabaya makin bertambah. Pemkot Surabaya menamainya Taman Asreboyo: Asli Arek Suroboyo. Lokasinya, dekat bibir Sungai Kalimas, di Kelurahan Ngagel, Kecamatan Wonokromo.

 

Ada berbagai fasilitas di taman yang baru saja diresmikan Wali Kota Eri Cahyadi, Minggu pagi, 21 Mei 2023, itu. Seperti, stan UMKM, area bermain anak, skatepark, dan lapangan basket mini. Eri meresmikannya setelah gowes sejauh 20 kilometer bersama komunitas sepeda.

 

Hamparan tanaman bunga, membentang dari ujung selatan, hingga ke tengah area taman. Dan, pepohonan rindang yang menjulang di antaranya, menjadikan asri dan teduh Taman Asreboyo itu.


Wisatwan kini bisa menikmati wisata perahu di Sungai Kalimas, dari Dermaga di Taman Asreboyo, Kelurahan Ngagel, Kecamatan Wonokromo-Julian Romadhon-Harian Disway

BACA JUGA:Eri Cahyadi Gowes Dulu 20 Km Sebelum Resmikan Taman Ngagel

BACA JUGA:Kader Lingkungan Kunci Perubahan Lingkungan Masyarakat

Sama seperti taman lainnya, fasilitas yang disediakan tidak berbayar. Gratis. Suasananya elok, dengan lajur pejalan kaki yang berkelok-kelok, juga gazebo, dan bangku taman yang ditata rapi. "Kalau malam hari semakin asyik dan syahdu. Lampu hias di sini, kita telah pilihkan yang temanya instagramable," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya Agus Hebi Djuniantoro, Minggu, 21 Mei 2023.

 


Dengan menggunakan sepeda tandem, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi ajak istri gowes bareng warga, Minggu, 21 Mei 2023 -Eko Setyawan-Harian Disway

 

Eri juga meresmikan wisata perahu. Sebagai wahana pilihan warga, kala ingin menikmati liburan yang nyaman di Taman Asreboyo. Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya mengoperasikan dua perahu.

 

Itulah, salah satu wujud sentral kawasan perekonomian kerakyatan, yang rupanya sudah menjadi cita-cita panjang wali kota, kala masih menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeko) Surabaya, periode 2018-2020.

BACA JUGA:Jadi Runner-Up Puteri Indonesia 2023, Yasinta Aurellia Buktikan Jawa Timur Masih ’’Mengerikan’’

BACA JUGA:Dianggap Winner Material, Wakil Jawa Barat Farhana Nariswari Sabet Gelar Puteri Indonesia 2023

Rencananya daerah di dekat area Taman Asreboyo, juga turut didongkrak perekonomiannya. Dengan cara, membangunkan kawasan wisata di Kelurahan Darmo, Kecamatan Darmo. Misalnya, dengan mengisi sepanjang bibir Sungai Kalimas sisi barat itu, dengan stan-stan UMKM

 

"Termasuk dermaga perahunya. Sehingga itu, antar kelurahan di sini, bisa saling terkoneksi. Dan saling memberi manfaat, sekaligus memanjakan wisatawan," harap Eri.

 

"Dan itu mestinya, sudah menjadi keharusan. Bahwa di Surabaya kita bisa saling menguatkan, bukan saling berkompetisi. Saling mendukung, sehingga guyup-rukun antar warga," lanjutnya.

 

Eri berharap, stan UMKM di kawasan wisata menjadi display pemasaran makanan khas Kota Pahlawan. "Agar semua wisatawan tahu, bahwa di Surabaya banyak sekali destinasi wisata yang apik dan nyaman. Menu khas Surabaya itu juga bisa menjadi pilihan destinasi wisata," kata Eri. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: