Jadi Runner-Up Puteri Indonesia 2023, Yasinta Aurellia Buktikan Jawa Timur Masih ’’Mengerikan’’

Jadi Runner-Up Puteri Indonesia 2023, Yasinta Aurellia Buktikan Jawa Timur Masih ’’Mengerikan’’

Yasinta Aurellia saat terpilih menjadi Puteri Indonesia Jawa Timur 2023-website detik.com-

JAKARTA, Harian Disway – Puteri Indonesia Jawa Timur Yasinta Aurellia terpilih sebagai runner-up Puteri Indonesia 2023. Dia melaju ke tiga besar bersama Farhana Nariswari asal Jawa Barat, dan Lulu Zaharani Krisna Widodo, wakil Lampung. Farhana dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2023 dalam grand final di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat malam, 19 Mei 2023.

Dengan menjadi runner-up Puteri Indonesia 2023, Yasinta Aurellia akan mewakili tanah air ke Miss Supranational 2023 di Polandia. Menyandang Puteri Indonesia Lingkungan, perempuan kelahiran 2003 itu dianugerahi Mahkota Hijau sebagai representasi gelar yang didapatnya.

Saat babak tiga besar, Yasinta Aurellia menjawab pertanyaan dari Ketua YPI Putri Kus Wisnu Wardhani. Pertanyaannya sama dengan yang diajukan pada dua finalis yang lain. Yakni, apakah berbuat baik dan berbuat berbuat benar itu sama. Diberi waktu 60 detik, Yasinta menjawab dengan singkat dan lugas.

’’Menurut saya, berbuat baik dan benar adalah sesuatu yang berbeda. Karena berbuat benar belum tentu baik, tapi berbuat baik sudah tentu benar dan dilandasi oleh hati nurani dan adab. Karena saya percaya bahwa adab berada di atas ilmu,’’ jawab Yasinta Aurellia.

MC Choky Sitohang memberi informasi bahwa dia masih punya waktu 30 detik. Namun menurut Yasinta, jawabannya sudah tidak perlu ditambahkan lagi. MC Patricia Gouw tiba-tiba nyeletuk, bahwa Jawa Timur selalu masuk Top 3. Setidaknya dalam tiga tahun terakhir. ’’Luar biasa. Tiga tahun saya jadi MC, selalu ada Jawa Timur di Top 3,’’ kata Patricia Gouw.

’’Wah, iya bener juga. Ada apa di Jawa Timur? Coba dijawab,’’ timpal Choky Sitohang. ’’Hm kayaknya harus pindah ke Jawa Timur,’’ imbuhnya bergurau.

Memang benar. Perwakilan Jawa timur selalu masuk babak tiga besar dalam kontes kecantikan paling bergengsi di Indonesia itu. Pada 2020, Jawa Timur diwakili RR Ayu Maulida. Yang akhirnya menjadi Puteri Indonesia 2020. Kemudian, Adinda Cresheilla menjadi Puteri Indonesia Pariwisata 2022. Dan yang terbaru adalah Yasinta Aurellia yang dianugerahi gelar Puteri Indonesia Lingkungan 2023. Dia membuktikan bahwa wakil-wakil Jawa Timur selalu menjadi penantang kuat gelar Puteri Indonesia.

Yasinta Aurellia lahir di Surabaya, 2 Oktober 2003. Saat ini, dia terdaftar sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi di UPN ''Veteran'' Surabaya. Dia memulai karier di dunia modelling pada 2019. Saat masih duduk di bangku SMA.

Yasinta baru mencoba ajang pageant tiga tahun lalu. Perempuan yang baru berusia 19 tahun itu dinobatkan sebagai wakil 2 Yuk Sidoarjo 2020. Prestasi tersebut menjadi langkah awal dia untuk mengikuti kontes kecantikan Puteri Indonesia Jawa Timur 2023. Tak disangka, dia malah menjadi pemenang. Dan berhak mewakili provinsi ini di ajang Puteri Indonesia 2023. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: