Raih Pengalaman Baru sebagai Social Media Specialist dengan Magang di Brand Agency

Raih Pengalaman Baru sebagai Social Media Specialist dengan Magang di Brand Agency

Rafa Daniela mahasiswa magang di brandstoria agensi.-Rafa Daniela-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Magang merupakan kegiatan yang wajib dilakukan di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Kegiatan itu membuat mahasiswa bisa mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah didapatkan di universitas dengan menerapkannya di perusahaan atau instansi tempat magang.

Selain itu dapat memberikan mahasiswa mengenai gambaran terkait sistem atau bagaimana realita di dunia kerja. Bahkan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya menetapkannya sebagai syarat kelulusan.

Saya Rafa Daniela memilih magang di sebuah brand agency. Di sana saya mempelajari mengenai sejarah perkembangan digital marketing yang didasari dengan teknologi-teknologi yang canggih. Semua memberikan saya pemikiran bahwa hal ini memiliki prospek atau sesuatu hal yang menjanjikan di masa depan.

Sebagai contoh dampak dari timbulnya perkembangan digital marketing ini adalah memunculkan banyak pekerjaan-pekerjaan baru. Salah satu contoh pekerjaan tersebut adalah social media specialist.

Dahulu sebelum berkembangnya teknologi tentu pekerjaan ini tidak ada karena kala itu belum membutuhkan seseorang untuk membuat, menjadwalkan konten-konten, serta mengatur segala hal yang berhubungan dengan media sosial.
Kegiatan take video ads klien yang saya lakukan. -Rafa Daniela-

Sehingga saya sebagai mahasiswa magang yang berkedapatan mengemban jobdesk tersebut tentu pada awalnya tidak familiar. Karena tugas yang saya kira ini gampang ternyata memiliki tantangan tersendiri.

Selama satu bulan terhitung dari 31 Januari hingga 6 Maret 2023, beberapa gambaran tugas saya adalah membuat brief konten TikTok sesuai permintaan klien. Juga membuat moodboard ketika hendak melaksanakan produksi atau syuting, menulis copywriting untuk konten instagram klien, dan menjadwalkan beberapa konten untuk diunggah di media sosial klien.

Kegiatan magang dilakukan dari Senin sampai Sabtu pukul 09.00-16.50 WIB. Selama magang ada brainstorming dengan para rekan kerja untuk ide-ide konten ataupun dapat melakukan aktivitas lainnya seperti melihat tim produksi syuting konten. Selain itu mahasiswa juga diminta untuk melakukan report harian atau melaporkan setiap harinya. Tentang apa yang sudah dikerjakan serta yang belum.

Maka hasil setelah melakukan kegiatan magang tersebutlah yang nantinya akan dilaporkan atau dipresentasikan di ujian sidang magang Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG). Dalam ujian sidang tersebutlah mahasiswa akan memaparkan dengan jelas segala hal yang dikerjakan selama magang.
Kegiatan magang take video TikTok untuk klien yang saya lakukan. -Rafa Daniela-

Salah satu kegiatan magang yang paling berkesan adalah ketika melaksanakan syuting video ads salah satu klien yang mana saya membantu dari pra produksi seperti melakukan casting. Lalu membuat moodboard hingga ketika produksi.

Video tersebut merupakan iklan dari bisnis klien yang dikemas secara unik sehingga penyampaiannya mudah untuk diterima. Produksinya memakan waktu dari pagi hingga sore hari yang mana dilakukan di salah satu studio di Surabaya Barat.

Sehingga dari kegiatan magang inilah mahasiswa dapat mengerti bagaimana rasanya bekerja di brand agency yang merupakan bagian dari industri kreatif, selain itu mendapatkan pula ilmu-ilmu baru yang mana menjadi bekal pengetahuan yang berarti untuk ke depannya.

Sebagai mahasiswa yang mulai memikirkan mengenai dunia kerja tentunya kegiatan magang ini sangat berarti karena menambah pengalaman baru pula. Serta bimbingan dari Instansi magang ataupun dari dosen pembimbing magang yaitu Novan Andrianto, S.I.Kom., M.I.Kom. yang senantiasa mengarahkan dan membimbing selama proses kegiatan magang yang mana dapat menjadi bekal kelak ketika terjun di dunia kerja. (Rafa Daniela)

#KomunikasiUntag #UnderstandingEnpowering #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #KampusKompeten

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: