Indonesia Jadi Tuan Rumah FIBA World Cup 2023, Kemenpora Keluarkan Dana Rp 135 Miliar

Indonesia Jadi Tuan Rumah FIBA World Cup 2023, Kemenpora Keluarkan Dana Rp 135 Miliar

Penandatanganan MoU antara Kemenpora dan PP Perbasi untuk penyelenggaraan FIBA World Cup 2023 yang akan dilaksanakan di Indonesia Arena, GBK Senayan, Jakarta, pada 25 Agutus mendatang-Instagram @perbasi.ina-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Indonesia terpilih menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 melalui undian yang digelar pada Sabtu, 29 April 2023 di Manila, Filipina. Kemenpora mengeluarkan dana sebesar Rp 135 miliar untuk pelaksanaan piala dunia basket tersebut. 

Indonesia disebut dalam hasil undian FIBA World Cup 2023 yang berlangsung di Filipina pada akhir April lalu. Bersamaan dengan Filipina dan Jepang yang juga menjadi tuan rumah piala dunia basket musim ini.

Pertandingan tersebut akan dimulai 25 Agustus - 11 September 2023. Pelaksanaan pun dibagi menjadi 4 venue dalam sehari, yakni di Araneta Coliseum dan Mall of Asia Arena di Manila, Filipina. Kemudian, di Okinawa Arena, Jepang dan Indonesia Arena di Jakarta.  

Di Filipina sendiri akan ada 4 grup yang akan bertanding, dari grup A hingga D. Sedangkan di Jepang akan ada grup E dan F. Di Indonesia sendiri akan ada grup G dan H. Delapan grup tersebut akan mulai bertanding serempak di tanggal 25 Agutus 2023. Indonesia akan kedatangan grup G yang terdiri dari Iran, Spanyol, Pantai Gading, dan Brasil. Sementara di grup H ada Kanada, Latvia, Lebanon, dan Perancis. 

 

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo membagikan informasi terkait persiapan Indonesia sebagai tuan rumah setelah rapat koordinasi. Dito menyebutkan, “Hari ini kita menggelar rapat koordinasi antar Kementerian dan Lembaga untuk persiapan Piala Dunia Bola Basket Agustus mendatang. Saya dengar langsung dan saya kira persiapan fisik sudah 97 persen, “ kata Dito dikutip dari Antara pada 10 April 2023. 

 


Jelang FIBA World Cup 2023, Kemenpora keluarkan dana RP 135 Miliar untuk persiapan Indonesia menjadi tuan rumah-Instagram @perbasi.ina-

 

Dalam persiapan menjelang Piala Dunia Basket tersebut, Menpora meminta kepada Perbasi dan LOC FIBA World Cup 2023 Indonesia untuk transparan dan akuntabel dalam menggunakan dana dari APBN.

Menpora juga menyebutkan bahwa sumber dana lain yakni sponsor dari swasta untuk penyelenggaraan FIBA World Cup 2023. Dito menyebutkan dana yang digunakan sebesar Rp 135 Miliar dan dana tersebut telah melalui persetujuan Kemenpora setelah ada pengajuan dari LOC dan Perbasi. 


“Walaupun tim Indonesia kali ini tidak dapat berlaga, tapi setidaknya kita bisa tunjukkan kepada dunia, Indonesia adalah negara pecinta olahraga dan memang sudah mampu menyelenggarakan setingkat dunia, “ ujar Dito. (Jessica Laurent)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: