Setlist Konser Suga BTS di Jakarta Kira-kira Samakah dengan Konser Awalnya di Amerika Serikat?

Setlist Konser Suga BTS di Jakarta Kira-kira Samakah dengan Konser Awalnya di Amerika Serikat?

Suga BTS akan memuaskan penggemarnya di Indonesia dalam tiga hari konser di Jakarta. -Sylvia Tanumihardja-

HARIAN DISWAY - Saat konser di Jakarta selama tiga hari ini, apakah setlist yang dibawakan Suga BTS dalam wolrd turnya nanti sama dengan di Newark, pada 29 April lalu ya? Saat saya menonton konsernya di Prudencial Park, befrikut ini list-nya:
1.Haegeum
2.Daechwita
3.Agust D
4.Give it to me
5.Trivia: Seesaw
6.SDL
7.People + People pt.2 (feat IU)
8.Moonlight
9.Burn it
10.Interlude: Shadow
11.BTS Cypher PT.3: KILLER _ BTS cypher 4 Medley (with J Hope & RM)
12.UGH ! + Ddaeng + HuH?! (feat J Hope)
13.Life Goes On
14.Snooze (Ryuichi Sakamoto, Woosung)
15.Polar Night
16.Amygdala
17.D-Day
18.Intro: Never Mind
19.The Last

Bisa jadi lagu-lagu di atas tak jauh beda untuk malam ini. Dari sekian itu, lagu ke-16 yang berjudul Amygdala adalah favorit sesama army seperti dr Stephanie Angela dan murid saya Arundra Mahenta. Stephanie dan Mahenta. Mereka menginterprestasi lagu ini sebagai perjuangan Suga dalam hidupnya.
Suasana yang mengagumkan dalam konser Suga di Newark pada 29 April 2023 lalu. -Sylvia Tanumihardja-

Semua tahu mama Suga harus operasi jantung saat dia lahir. Kesulitan tidak berhenti di sini. Suga sangat menyukai musik, tapi tidak didukung oleh keluarganya. Sehingga saat remaja, dia pindah dari Daegu ke Seoul dan menghidupi dirinya dengan mengantar makanan.

Saat menjalankan tugasnya, dia kecelakaan motor dan membuat bahunya terluka. Suga menahan sakit bertahun-tahun, bahkan sampai dia debut sebagai BTS. Tidak selesai sampai di situ, ayahnya didiagnosa kanker hati.

Kesulitan yang mengunung ini pernah membuatnya ingin mengakhiri hidup. Lagu Amydala terdengar emosional dan depresif, sesuai fungsi amygdala ‘to control emotion’. Lagu ini memberi pesan “ .. and I begin to bloom like a lotus flower once again ..” Yang menyiratkan bahwa Suga telah melewati semua emosi itu.

Selama konser berlangsung, hardboard tempered yang merupakan lantai panggung, satu persatu terangkat ke atas. Sehingga pada lagu kesembilan belas, The Last, Suga berdiri sejajar dengan para army.

Suga sempat mengambil handphone army saat melakukan fan service. Sayang handphone itu tidak mempunyai double side camera. Sehingga gagalah misi Suga.

Saat konser hari pertama dan kedua di New York, Suga menderita batuk-batuk. Oleh karena itu saat konser berlangsung, dia banyak menenggak minuman di sela menyanyi.
Sylvia Tanumihardja (bertopi) di luar gedung konser Suga BTS di Newark, Prudential Center bersama Hannah, Ana, Sylvia, V dan Ninda seusai konser. Para army pun saling bertukar cerita.-Sylvia Tanumihardja-

Ada adegan yang membuat saya terkejut dan tergelak. Suga menyemburkan air dari botol minumannya ke wajah Ninda, V, Ana, dan Hannah. Mereka adalah teman saya yang datang ke konser dengan berdandan memakai ikonik tracksuits oranye yang digunakan Suga dan J Hope pada BTS festa 2016.

Usai konser yang spektakuler itu, saya kembali ke penginapan dengan menggunakan Uber. Di benak saya masih tersirat penggalan lagu Snooze.

“You, who's dreaming while looking at me behind your back. I'm always here, so don't worry too much. If you’re afraid to crash, I’ll willingly receive you. Because you are no different from anyone else. Why did you choose this painful and lonely road. Never forget the reason, even if time passes. I hope your dream won't just be left as a dream. I'll cheer you on anytime, anywhere (dream)”. (Sylvia Tanumihardja)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: