CJH Muda dari Jatim, Menunggu Antrian Haji Sejak Usia 9 Tahun

CJH Muda dari Jatim, Menunggu Antrian Haji Sejak Usia 9 Tahun

CJH usia 22 tahun, M. Fahmi Syahril bersyukur bisa ke Tanah Suci, usai penantian panjang selama 12 tahun-Eko Setyawan-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Usai penantian panjang selama 12 tahun lebih, Muhammad Fahmi Syahril, usia 22 tahun, akhirnya berkesempatan ke Tanah Suci, menunaikan ibadah haji pada 1444 Hijriyah tahun 2023.

 

Fahmi didaftarkan sebagai calon jemaah haji (CJH) pada 2001 bareng kakak perempuannya Fitria Asti Syahril, oleh orang tua mereka. Di mana kala itu, dia masih berusia 9 tahun.

 

Setelah sekian lama, akhirnya mereka resmi tercatat sebagai CJH 1444 H/2023.

BACA JUGA:Tinggal Sembilan Hari di Madinah, Jamaah Haji Menginap di Hotel Dekat Masjid Nabawi

BACA JUGA:Daftar 108 Hotel di Makkah Yang Akan Layani Jamaah Haji

Fahmi dan kakaknya akan berangkat ke Tanah Suci bersama paman mereka bernama Asmara yang berusia 63 tahun. Ketiganya tergabung di kelompok terbang (kloter) 8 yang dijadwalkan terbang ke Tanah Suci pada Sabtu dini hari melalui Bandara Internasional Juanda.

 

Saking seringnya ke Tanah Suci, Fahmi tidak merasa canggung selama mempersiapkan dirinya berhaji. Bahkan, Fahmi dipercaya oleh keluarga untuk mendampingi pakde-nya itu. "Kalau umroh sudah dua kali. Saat masih SD, tahun 2007, dan saat tahun 2019, lalu," ujar Fahmi, Jumat, 26 Mei 2023.

BACA JUGA:Sang Juara, Salma Salsabil Bongkar Stereotip Indonesian Idol: Nada Tinggi Selalu Ditunggu

BACA JUGA:Serunya Konser Suga BTS di Newark Apakah juga Bakal Seseru Konser di Jakarta Ya?

Baginya, menunaikan ibadah haji tak akan jauh berbeda dengan menjalankan ibadah umroh. Yang paling penting baginya adalah menjaga kesehatan, baik sebelum maupun saat menjalankan ibadah haji, setibanya di Mekkah, maupun Madinah.

 

Secara kebetulan, selain Fahmi dan kedua keluarganya itu, kedua orang tuanya juga berhaji tahun ini. Mereka sudah berangkat lebih dahulu beberapa hari yang lalu, "Alhamdulillah, kami bisa berhaji bersama. Abah sama Umi sudah berangkat lebih dulu. Ikut kloter 1, kemarin," ujar remaja pasangan Syafii dan Saropah itu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: