Elingpiade Siap Digelar, Libatkan 1.000 Siswa Setingkat SD dan SMP se-Kota Pasuruan

Elingpiade Siap Digelar, Libatkan 1.000 Siswa Setingkat SD dan SMP se-Kota Pasuruan

Siswa-Siswa MI Ahmad Yani Sidoarjo mengikuti Elingpiade, Minggu, 29 Mei 2022.-Boy Slamet-Harian Disway-

PASURUAN, Harian DiswayElingpiade, festival permainan tradisional, yang digelar pada Minggu 28 Mei 2023, bakal meriah. Sebab, event yang diselenggarakan Pemkot Pasuruan bersama Harian Disway dan Kampung Lali Gadget itu diikuti 1.000 siswa SD/MI dan SMP/MTS se-Kota Pasuruan. Lokasinya di halaman GOR Untung Suropati, Pasuruan.

Elingpiade 2023 akan dibuka pada pukul 07.00 WIB oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf dan founder Harian Disway Dahlan Iskan.

’’Setelah pertemuan teknis di SMPN 1 Pasuruan dua pekan lalu, saya dengar siswa-siswa bersemangat ikut Elingpiade 2023. Soalnya sudah diceritain serunya bermain tradisional oleh guru-gurunya,’’ ungkap Retna Christa, ketua penyelenggara Elingpiade 2023.

’’Kami sudah membagikan petunjuk teknis juga buat guru-guru. Agar diajarkan ke murid-muridnya,’’ tambah dia.

BACA JUGA: Sosialisasi Elingpiade, Guru SD dan SMP Kota Pasuruan Bersemangat Jajal Permainan Tradisional

Ya, penyelenggara mengadakan technical meeting pada 17 Mei 2023. Para guru olahraga melakukan simulasi aneka permainan yang akan dilombakan di Elingpiade 2023. Antara lain, balap sarung, nguwot godhong, kodok mblayu, damparan, dan paseran. Seru, ramai. Menyenangkan.

Elingpiade adalah singkatan dari eling-eling permainane dewe. Atau ingat-ingat permainannya sendiri. Digeber untuk mengakrabkan kembali anak-anak dengan permainan tradisional.

Indonesia punya ribuan jenis permainan. Yang bisa mengasah kecerdasan, melatih fisik atau kemampuan motorik, hingga mengajarkan sosialisasi dan kekompakan dengan sesama.

’’Makanya sasaran kami adalah anak-anak SD kelas 4-6. Dan SMP kelas 1 dan 2. Biar enggak terpaku pada smartphone atau game online terus-terusan,’’ kata Retna. ’’Ayo, sekali-sekali main engkle, egrang, dan balap sarung. Pasti lucu,’’ lanjut redaktur Harian Disway tersebut.

Elingpiade 2023 baru kali pertama digelar di Kota Pasuruan. Salah satu tujuannya adalah untuk memeriahkan rangkaian Hari Pendidikan Nasional. Saat ini, sudah ada sekitar 100 instansi pendidikan yang mendaftar. Siswa-sisiwinya pun siap bermain bersama. (*)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: