Waktu Singkat Hingga Tanpa Persiapan, Inilah Daftar Pemenang ELINGPIADE 2023 PASURUAN

Waktu Singkat Hingga Tanpa Persiapan, Inilah Daftar Pemenang ELINGPIADE 2023 PASURUAN

Para pemenang Elingpiade 2023 tingkat SD/MI-Syahrul Rozak Yahya-

PASURUAN, HARIAN DISWAY– Dalam ELINGPIADE 2023 tahun ini, ada 12 permainan tradisional yang dilombakan di Kota Pasuruan. Semuanya, kemudian dibagi menjadi 3 kategori. Ada permainan yang memang dilombakan hanya untuk tingkat SD/MI saja, SMP/Mts saja, dan gabungan. 

 

Permainan yang dimainkan oleh tingkat SD/MI saja, yaitu Balap Sarung, Kodok Mlayu, dan Klompen Bathok. Sedangkan yang dimainkan oleh tingkat SMP/Mts, yaitu Nguwot Godhong, Gasing Tempeh, dan Perahu Sarung. Permainan yang dimainkan oleh tingkat SMP/Mts memang lebih membutuhkan keseimbangan daripada tingkat SD/MI. 

 

Selain itu, permainan yang dimainkan oleh kedua tingkatan tersebut adalah Wenga Papua, Uncal Sarung, Roda Glinding, Kebo-Keboan Biting, Damparan, dan Paseran.

 

Dari semua permainan itu, poin akan diakumulasi untuk mendapat 3 juara tingkat SD/MI, 3 juara tingkat SMP/Mts, dan 3 juara harapan. Tidak hanya itu, kategori Terkompak, Tertangguh, Teraktif, dan Kostum Terbaik ditambahkan sebagai bentuk apresiasi atas antusiasme peserta.


SISWA SD Negeri Bukir begitu lihai memainkan roda gelinding dalam Elingpiade 2023 di GOR Untung Suropati Pasuruan, Minggu, 28 Mei 2023.-Syahrul Rozak-Harian Disway-

 

Waktu persiapan bagi tiap sekolah dalam menyiapkan siswa-siswinya menjadi hal yang menarik disorot. Salah satunya adalah waktu persiapan dari SDN Purworejo I. Ternyata, persiapan ELINGPIADE 2023 ini bertabrakan dengan karnaval yang akan mereka ikuti. Kendati demikian, mereka bisa membawa gelar juara 1 pulang ke sekolah.

 

“Persiapan kami singkat, hanya 4 hari, karena terbentur dengan karnaval juga. Kita latihan paling lama 2 jam, saat mata pelajaran olahraga. Yang melatih saya dan satu rekan saya, kami bergantian menyiapkan Elingpiade dan karnaval,” tutur Nur Komari, guru yang mendampingi siswa dari SDN Purworejo I.


FOUNDER Harian Disway Dahlan Iskan (memakai tudung) takjub melihat anak-anak bermain dalam Elingpiade 2023 di GOR Untung Suropati Pasuruan, 28 Mei 2023.-Boy Slamet-Harian Disway-

 

Berbeda dengan peraih juara 1 tingkat SD/MI, peraih juara 1 tingkat SMP/Mts. Mereka tidak memiliki persiapan apapun pada acara hari ini. “Kita nggak menyangka bisa menang hari ini, lawannya sulit. Kita juga tidak ada persiapan sama sekali, langsung spontan saja,” ucap Malachy Averil Dhiaulhaq, siswa kelas 8 dari SMPN 8 Pasuruan. 

 

Selain 2 sekolah tersebut, masih ada lagi sekolah-sekolah lain yang berhasil membawa pulang juara di Elingpiade 2023. Berikut adalah daftar pemenangnya:

 

Tingkat SD/MI

  • Juara 1 diraih oleh No. 21 dari SDN Purworejo I

  • Juara 2 diraih oleh No. 48 dari SDN Bukir

  • Juara 3 diraih oleh No. 22 dari SDN Trajeng I

  • Juara Harapan 1 diraih oleh No. 1 dari SDN Krapyakrejo II 

  • Juara Harapan 2 diraih oleh No. 16 dari SDN Darul Ulum

  • Juara Harapan 3 diraih oleh No. 58 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pasuruan

Tingkat SMP/Mts

  • Juara 1 diraih oleh No. 1 dari SMPN 8 Pasuruan 

  • Juara 2 diraih oleh No. 15 dari SMPN 1 Pasuruan

  • Juara 3 diraih oleh No. 14 dari SMPN 5 Pasuruan

  • Juara Harapan 1 diraih oleh No. 3 dari SMPN 3 Pasuruan

  • Juara Harapan 2 diraih oleh No. 7 dari SMPN A. Wachid Hasyim

  • Juara Harapan 3 diraih oleh No. 19 dari SMPN 11 Pasuruan 

Kategori Terkompak: No. 9 dari SD Tambakrejo I

Kategori Tertangguh: No. 53 dari SD Seban I

Kategori Teraktif: No. 10 dari SD Tapaan I

Kategori Kostum Terbaik: No. 26 dari SD Pohjentrek I

Selamat, ya, kepada para pemenang! Semoga dengan jadi juara di ELINGPIADE 2023 ini kalian bisa kecanduan main permainan tradisional, ya! (zahronia Firdaus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: