SDN Purworejo 1 dan SMPN 8 Pasuruan Juara ELINGPIADE 2023

 SDN Purworejo 1 dan SMPN 8 Pasuruan Juara ELINGPIADE 2023

Murid-murid SDN Kepel dengan antusias bermain cublak-cublak suweng-Syahrul Rozak Yahya-

PASURUAN, HARIAN DISWAY – Kampung Lali Gadget (KLG) kembali menggelar Eling Permainane Dhewe (ELINGPIADE). Kali ini mereka bekerja sama dengan Pemkot Pasuruan dan Harian Disway. Acara itu sukses menyedot 980 an peserta dari berbagai sekolah tingkat SD/MI dan SMP/Mts di Pasuruan. 

 

Acara dimulai pada pukul 06.00 di GOR Untung Suropati, Pasuruan. Dibuka dengan kegiatan senam bersama warga Pasuruan yang dipimpin oleh komunitas Senam Dahlan Iskan dan Senam Resik-Resik Pasuruan. Di tengah-tengah kegiatan senam, sang Wali Kota: Gus Ipul ikut hadir.

 

“Kita kerjasama dengan Disway untuk suatu lomba yang dulunya merupakan kebiasaan atau tradisi permainan di Pasuruan maupun seluruh Indonesia. Siap untuk Elingpiade? Nah, untuk itu yang sudah siap silahkan mendekat ke panggung. Kita mulai dengan senam resik-resik,” ujarnya kepada warga Pasuruan yang telah datang. 

 

BACA JUGA:1000 Anak Antusias Ikuti Kompetisi Permainan Tradisional Elingpiade di Kota Pasuruan

BACA JUGA:Elingpiade Siap Digelar, Libatkan 1.000 Siswa Setingkat SD dan SMP se-Kota Pasuruan

 

Setelah senam bersama, acara kemudian dilanjut dengan seremonial dimulainya lomba permainan tradisional. Siswa-siswi dikumpulkan di depan panggung sembari diberi mainan tradisional: kitiran. 

 

Sesi itu dipimpin oleh Achmad Irfandi, founder Kampung Lali Gadget (KLG). Ia menginstruksikan kepada para anak-anak untuk membunyikan kitiran sebagai tanda bahwa perlombaan telah dimulai.

 

Selanjutnya, ia juga memimpin pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Bermain. Isinya mirip dengan Proklamasi Kemerdekaan RI, hanya saja isinya dimodifikasi sesuai dengan tema KLG yaitu dolanan. Kemudian pembacaan ikrar janji atlit permainan tradisional juga turut dibacakan, diikuti oleh seluruh peserta. 

 

Acara kemudian dilanjut dengan sesi pemanasan. Disini semua anak dibagi berdasarkan sekolahnya untuk melakukan permainan Cublak-Cublak Suweng, Gerbang Pambuka dan Dingklik Ogal-Agil. Diiringi lantunan musik yang dimainkan oleh Ngoplos TV. Siswa-siswi terlihat sangat senang dan antusias.
Salah satu siswa MI Miftahul Huda Ketamanan sangat mahir bermain Kelompen Bathok pada acara Elingpiade 2023 di GOR Untung Suropati Pasuruan-Syahrul Rozak Yahya-

 

Setelah itu, perlombaan resmi dibuka. Mereka diarahkan oleh panitia menuju pos-pos untuk memainkan permainan yang telah disiapkan.

 

Dalam sesi itu, tidak hanya murid yang terlihat antusias, guru-guru mereka bahkan terlihat berkali lipat lebih antusias. Cuaca yang sangat terik, semakin mengobarkan semangat dan ambisi yang mereka miliki dalam bermain. Hal itu lantas memberikan suasana jaman dahulu sebelum anak-anak mengenal gadget

 

Siswa SDN Kandangsapi I mempersiapkan sarung untuk dipakai bermain Kodok Mlayu-Syahrul Rozak Yahya-

“Senang banget bisa ikut acara ini. Lomba-lombanya seru juga pokoknya. Kita juga jadi bisa mencari tahu permainan-permainan ini. Semoga anak muda jaman sekarang tidak hanya berfokus pada gadget-nya,” ucap Aditya Pangestu, siswa kelas 8 SMPN 1 Pasuruan. 

 

Memang benar, bahwa masih banyak dari mereka yang ternyata baru tahu mengenai permainan-permainan yang mereka mainkan hari ini.

 

Setelah dilakukan berbagai lomba, akhirnya saat yang ditunggu pun tiba. Pengumuman pemenang menjadi puncak acara. Dalam tingkatan SD/Mi, SDN Purworejo I keluar sebagai pemenang dan SMPN 8 Pasuruan menjadi pemenang di tingkat SMP/Mts.

 

BACA JUGA:MTQ Ke-30 Jatim 2023 dan Raker Apkesi: Tantangan Mengubah Wajah Wisata Religi di Kota Pasuruan

BACA JUGA:Gus Ipul: Bromo KOM Challenge 2023 Membantu Promosi Wisata di Kota Pasuruan

 

Selain mereka, ada juga SD Tambakrejo I sebagai yang terkompak, SD Seban I sebagai yang tertangguh, SD Tapaan I sebagai yang teraktif dan SD Pohjentrek I sebagai kostum terbaik.

 

Semoga saja dengan adanya acara ini permainan tradisional dapat terus ada hingga ke generasi selanjutnya dan tidak berhenti di generasi kita saja, ya! (Zahronia Firdaus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: