Rektor Universitas Paramadina Sarankan Golkar-Pan Bikin Poros Keempat, Manfaatkan Potensi Ridwan Kamil

Rektor Universitas Paramadina Sarankan Golkar-Pan Bikin Poros Keempat, Manfaatkan Potensi Ridwan Kamil

Politikus Partai Golkar, Ridwan Kamil di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat-Intan Afrida Rafni-

Strategi koalisi dalam pemilihan presiden seperti ini, dengan adanya poros baru keempat, kemungkinan akan membuat pemilihan presiden berlangsung dalam dua tahap atau memasuki putaran kedua. Dua pasangan akan melanjutkan, sementara partai-partai yang kalah akan berada di posisi ketiga dan keempat, dan mereka akan mempertimbangkan pembentukan koalisi baru.

"Golkar dan PAN tidak akan kehilangan kesempatan untuk berperan dalam putaran kedua ini. Inisiatif poros keempat ini dapat dikatakan sebagai langkah yang rasional jika dilihat dari kepentingan partai-partai yang terus bersaing satu sama lain," kata Didik.

Ahmad Doli Kurnia, Wakil Ketua Umum Partai Golkar, mengatakan bahwa partainya sedang mempertimbangkan wacana untuk menggandeng Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, dalam Pemilihan Presiden 2024. Doli mengatakan bahwa keduanya juga akan bertemu setelah kembali dari Amerika Serikat (AS).

"Saat ini, kita sedang mempertimbangkan berbagai kemungkinan, termasuk kemungkinan Airlangga dan Zulkifli menjadi pasangan dalam pemilihan presiden 2024. Hari ini, Pak Airlangga dan Pak Zul sedang berada di Amerika, dan setelah mereka pulang, akan ada pertemuan antara pimpinan Golkar dan PAN," ujar Doli kepada wartawan di DPP Partai Golkar, Jakarta, Minggu, 28 Mei 2023.

Lebih lanjut, Doli menyatakan bahwa berdasarkan keputusan Munas tahun 2019, Golkar telah memutuskan untuk mengusung calon presiden atau calon wakil presiden pada tahun 2024."Pada Munas 2019, terdapat keputusan khusus mengenai sikap Partai Golkar terhadap pemilihan presiden 2024," katanya.

Oleh karena itu, Doli menjelaskan bahwa pihaknya berusaha untuk mempertahankan keputusan Munas tersebut, salah satunya dengan melakukan komunikasi dengan sejumlah partai politik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: