Diintai Bahaya Kaki Melepuh, Tim Penolong Jamaah Haji Bekali Diri dengan 500 Pasang Sandal

Diintai Bahaya Kaki Melepuh, Tim Penolong Jamaah Haji Bekali Diri dengan 500 Pasang Sandal

Petugas melakukan penggantian sandal pada Jamaah Haji -Kemenag-

HARIAN DISWAY - Musim haji 2023/1444 H dilakukan pada masa musim panas di Saudi Arabia. Selain menimbulkan resiko heatstroke dan gangguan kesehatan lainnya, kaki melepuh juga menjadi ancaman yang membayangi Jamaah haji

Apalagi, menurut laporan petugas PPIH dan Tim Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji (PKP3JH), ada banyak jamaah yang kehilangan sandal saat beraktivitas di ramainya kota Makkah dan Madinah

Untuk itulah, tim PKP3JH menggalakkan gerakan siaga sandal dan alas kaki. Gerakan ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kasus kehilangan alas kaki yang bisa beresiko membahayakan tapak kaki.

BACA JUGA:Pesawat Ngadat, Garuda Janji Berangkatkan Jamaah Banjarmasin Bertahap

BACA JUGA:Kemarin Saudia Sekarang Garuda, Kemenag Pusing Penerbangan Haji Ngadat Lagi


Petugas mengecek kondisi kaki jamaah -Kemenag-

Peristiwa kaki jemaah yang melepuh terjadi di hampir setiap penyelenggaraan ibadah haji. Salah satu penyebab terbanyak adalah jemaah merasa kehilangan sandal atau sepatu saat keluar hotel, lalu pulang dengan tanpa alas kaki. 

Karena cuaca panas, lantai halaman Masjid Nabawi dan Masjidil Haram serta jalanan di Tanah Haram bisa menjadi sangat panas. Sehingga bisa menyebabkan kaki melepuh jika menginjaknya tanpa alas.

“Kehilangan alas kaki berupa sandal atau sepatu sangat beresiko membahayakan tapak kaki sehingga mengganggu kekhusyuan ibadah Jemaah,” terang Asisten Operasional PKP3JH Agus Prabowo di Makkah, Sabtu 3 Juni 2023. 

Agus menyebut, satu dari lima terbesar kasus non kesehatan kejadian tahun lalu adalah jemaah yang kehilangan sandal dan berakibat kaki melepuh. 

BACA JUGA:Jamaah Lansia dan Disabilitas Bisa Sewa Skuter dan Kursi Roda, Segini Tarifnya

Untuk tahun ini, sampai dengan hari ke-11 operasional ibadah haji sejak kedatangan jemaah di Madinah, ada 47 sandal yang telah dibagikan untuk membantu jemaah yang kedapatan kehilangan alas kaki saat di luar hotel.

“Kami telah siapkan 500 pasang sandal untuk dibagikan ke jemaah yang membutuhkan, baik di Madinah maupun Makkah. Dipegang oleh tim PKP3JH berjaga dan bersiaga di wilayah Masjid Nabawi dan Masjidil Haram,” sebutnya.

Agus berharap, tahun ini tidak banyak terjadi kasus kaki jemaah yang sampai melepuh karena tidak mengenakan alas kaki saat keluar hotel atau saat berada di kawasan Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: