Alasan Juventus Ingin Keluar Dari Liga Eropa

Alasan Juventus Ingin Keluar Dari Liga Eropa

Musim 2022/2023 yang penuh cobaan bagi Juventus-Juventus-Sportskeeda

HARIAN DISWAY - UEFA siap untuk mengeluarkan Juventus dari kompetisi Eropa pada sejak April lalu. Rencana itu muncul setelah Klub Bianconeri dinyatakan bersalah atas pelanggaran Financial Fair Play.

Menurut laporan dari Gazzetta dello Sport, UEFA telah memantau perkembangan kasus keuangan Juventus selama setahun terakhir. Badan sepak bola Eropa ini bahkan melakukan investigasi independen terkait situasi keuangan klub.

Salah satu permasalahan yang mengancam Juventus adalah pelanggaran Financial Fair Play. Pada bulan September 2022, klub tersebut didenda sebesar 3,5 juta Euro oleh UEFA karena melanggar aturan keuangan. Selain itu, terdapat kesepakatan yang mengikat Juventus, di mana mereka akan dikenakan denda sebesar 19,5 juta Euro jika melanggar aturan tersebut. Juve juga terkena pengurangan 10 poin.

BACA JUGA:Liga Arab Saudi Rasa La Liga: Ronaldo Bakal Hadapi Duet Benzema dan Messi

BACA JUGA:Al Hilal Resmi Kontrak Karim Benzema, Messi Selanjutnya

Juve melawan balik. Mereka menyatakan siap keluar dari European Super League. Rencana itu sudah dibicarakan dengan Real Madrid dan Barcelona sejak Oktober 2021. Mereka mengusulkan klub terlibat langsung dalam mengorganisir kompetisi, bukan Badan Pengatur Sepak Bola Eropa: UEFA.


Juventus Terkena sanksi penguruangan 10 poin-Foto/Juventus-Foto/Juventus

Mereka telah menulis surat kepada Real Madrid dan Barcelona untuk melanjutkan rencana tersebut.  Juve berharap  mendapatkan keputusan yang menguntungkan dari Pengadilan Eropa. Mereka menggugat UEFA yang monopoli kompetisi dan mengancam akan mengeluarkan klub-klub yang membentuk kompetisi tandingan.

Beberapa bulan terakhir ini telah menjadi masa yang bergejolak bagi Juventus. Awalnya, mereka didiskualifikasi 15 poin oleh Federasi Sepak Bola Italia karena pelanggaran aturan keuangan.

Hukuman ini dibatalkan, tetapi setelah diperiksa kembali dalam sidang kedua, Juventus dikenakan penalti 10 poin, yang diterima oleh klub.


PAOLO DYBALA mencetak gol untuk AS Roma tatkala menghadapi Sevilla di final Liga Europa Kamis dini hari, 1 Juni 2023. Kondisinya yang baru sembuh dari cedera dan kerap kali jadi sasaran pelanggaran pemain Sevilla membuat eks pemain Juventus itu hanya bert--

Pada Minggu, 4 Juni 2023 mantan pemain Juventus, Paulo Dybala, mencetak gol pada menit terakhir untuk Roma yang mengamankan tempat di Liga Europa dan menggeser Juventus dari posisi tersebut.

Klub asal Turin ini finis di peringkat ketujuh dan akan berpartisipasi dalam Liga Konferensi Europa. Tanpa penalti 10 poin, mereka sebenarnya lolos ke Liga Champions menggantikan AC Milan. (*)

Sumber: