Final Beatles Record Gunakan Teknologi AI untuk Isi Vokal John Lennon

Final Beatles Record Gunakan Teknologi AI untuk Isi Vokal John Lennon

The Beatles menampilkan konser publik di rooftop Apple Organization 1969--www.gettyimages.com

HARIAN DISWAY – Lebih dari enam dekade setelah lahirnya The Beatles, akhirnya band legendaris ini merilis lagu terakhirnya pada 2023 dengan dibantu keajaiban teknologi modern yakni artificial intelligence (AI).

Pada 13 Juni, melalui BBC Radio, Paul McCartney mengatakan bahwa teknologi AI ini telah ia gunakan untuk menambahkan vokal John Lennon ke dalam lagu yang sekarang sudah selesai dan akan rilis tahun ini.

Penggunaan teknolgi AI dengan arsip The Beatles itu menjadi fokus setelah melalui film dokumenter Peter Jackson The Beatles: Get Back, editor dialog Emile de la Rey berhasil mengenali suara The Beatles dan memisahkannya dari kebisingan latar belakang, termasuk instrumen mereka sendiri"Jackson mampu mengeluarkan suara John dari sebuah kaset kecil - ada suara John dan piano," katanya.

"Dia bisa memisahkan mereka dengan teknologi AI dan bisa memberi tahu bagaimana untuk memisahkan suara dan menghilangkan gitarnya. Jadi itu sangat berguna. Jadi ketika kami datang untuk membuat apa yang akan menjadi Final Beatles Record itu adalah bukti yang dimiliki John dan kami dapat mengambil suara John dan membuatnya murni melalui AI ini," ujarnya.

Penggunaan AI dalam musik sebenarnya telah menjadi isu yang diperdebatkan dan menjadi perhatian dalam industri musik. Salah satunya, Spotify menindak musik AI, menghapus ribuan lagu yang dihasilkan AI pada bulan Mei. Semoga saja Final Record The Beatles yang telah dinanti penggemarnya dapat didengar diseluruh platform musik.

Paul McCartney Konser The Beatles di Esprit Arena (Foto: Pixbay.com)

McCartney tidak menyebutkan nama lagu yang telah direkam. Tetapi menurut dugaan BBC kemungkinan lagu ini adalah komposisi Lennon tahun 1978 berjudul Now and Then. Lagu itu adalah salah satu dari beberapa kaset yang diberikan Yoko Ono istri John Lenon dalam sebuah kaset berlabel For Paul, setahun sebelum kematian Yoko pada 1994.

Single ini juga sebagai reunion song untuk seri Anthology 1995. Ada dua lagu baru yang disertakan yakni Free As a Bird tahun 1995 dan Real Love tahun 1996 berdasarkan hasil yang direkam oleh Lennon setelah grup tersebut bubar dan diproduksi oleh Jeff Lynne. Lagu-lagu itu adalah New Beatles yang pertama dalam lebih dari 25 tahun.

Sekadar informasi, pada 1970 The Beatles beranggotakan John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr memutuskan berpisah. Masing-masing memilih bersolo karier. Hingga sampai saat ini mereka belum pernah bersatu kembali. John Lennon ditembak mati di New York pada 1980 dalam usia 40 tahun. Harrison meninggal karena kanker paru-paru pada 2001, dalam usia 58 tahun. (Nela Erdianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: