Daftar Pemenang Surabaya Tourism Awards 2023 Kategori Objek Wisata

Daftar Pemenang Surabaya Tourism Awards 2023 Kategori Objek Wisata

Perwakilan juara STA 2023 kategori objek wisata menerima penghargaan di Ciputra Hall, Jumat, 16 Juni 2023.-Elvina Talitha Alawiyah/Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Jawara Surabaya Tourism Awards (STA) 2023 kategori Objek Wisata diumumkan tadi pagi, Jumat, 16 Juni 2023. Ada 18 tempat wisata yang mendapat penghargaan di enam kategori.

Asisten 2 Pemkot Surabaya Irvan Widyanto mengatakan, ada banyak tempat wisata di Surabaya. Jumlahnya ratusan. Termasuk, 49 Sentra Wisata Kuliner (SWK) yang tersebar di berbagai penjuru kota. “Sektor wisata ini menjadi salah satu penyumbang pendapatan daerah terbesar,” ujarnya saat Awarding STA 2023 di Ciputra Hall, Jumat 16 Juni 2023.

Pajak dari sektor wisata saling berkaitan: pajak hotel, restoran, parkir, hingga pajak hiburan. Saat pandemi sektor andalan itu sempat lesu. Namun, kini jumlahnya meningkat drastis. Ekonomi tumbuh, bahkan melebihi 2019, atau sebelum pandemi. “Dan sekarang salah satu atensi kami ada di wisata sejarah,” kata mantan Kasatpol PP Surabaya itu.

BACA JUGA:Daftar Pemenang Surabaya Tourism Awards 2023 Kategori Sentra Wisata Kuliner

BACA JUGA:Daftar Pemenang Surabaya Tourism Awards 2023 Kategori Hotel, JW Marriott Juara Umum

Ia menyebut Surabaya terbagi menjadi tiga kawasan sejarah. Area Eropa berada di Jalan Rajawali hingga Raya Darmo. Pecinan terletak di kawasan Kya-Kya. Sedangkan kawasan timur tengah ada di Ampel.


Asisten 2 Pemkot Surabaya Irvan Widyanto memberikan sambutan di Awarding Surabaya Tourism Awards 2023.-Elvina Talitha Alawiyah/Harian Disway-

“Kampung Peneleh juga punya banyak sekali potensi wisata. Ada tempat lahir Bung Karno, Sumur Jubung yang khas Majapahit, HOS Cokroaminoto dan banyak sekali yang lainnya,” ucapnya.

Irvan mengatakan, STA menjadi salah satu alat untuk meningkatkan kualitas pariwisata di Surabaya. Kategori yang dilombakan menjadi salah satu tolak ukur atau standar pariwisata yang harus dipenuhi. 

Berikut ini daftar jawara STA 2023 kategori tempat wisata:

Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE): 

  • Juara I: Museum Pendidikan.
  • Juara II: Monumen Kapal Selam.
  • Juara III: Museum Eks de Javasche Bank.

Kenyamanan/Comfort:

  • Juara I: Fresh Market Citraland.
  • Juara II: Masjid Al Akbar.
  • Juara III: Atlantis Land Surabaya.


Founder Harian Disway Dahlan Iskan memberikan piagam penghargaan untuk Fresh Market Citraland yang menyabet juara I STA 2023 Objek Wisata di kategori Comfort.-Elvina Talitha Alawiyah/Harian Disway-

Service Excellence:

  • Juara I: Kampung Wisata Jambangan.
  • Juara II: Pura Agung Jagat Karana.
  • Juara III: Mirota Craft Center Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: