Kaisar Jepang Naruhito Jajal MRT Jakarta

Kaisar Jepang Naruhito Jajal MRT Jakarta

Kaisar Jepang Naruhito jajal MRT Jakarta-mrtjkt-instagram

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Kaisar Jepang Yang Mulia Hironomiya Naruhito menjajal MRT Jakarta dalam rangkaian kunjungannya ke Indonesia. 

Setelah tiba di bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten pada Sabtu, 17 Juni 2023, Kaisar Naruhito berkesempatan melihat aktivitas di pusat kendali operasi (operation control center/OCC), fasilita pekerjaan perawatan berat (heavy maintenance) di workshop, dan area perawatan ringan (light maintenance) depo MRT Jakarta pada Minggu, 18 Juni 2023.

Selama berada di depo, sang kaisar didampingi oleh Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi, Komisaris Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat, dan Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi.

BACA JUGA:MK Selamatkan Demokrasi, Evaluasi UU Pemilu Harus di DPR

BACA JUGA:Tak Sampai Bandung, KCJB Akan Dilengkapi Kereta Feeder

Selain untuk memenuhi undangan dari Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Tokyo tahun lalu, kunjungan yang dilakukannya tersebut sekaligus menjadi simbol kerja sama antara Jepang dan Indonesia. Sang kaisar juga beberapa kali nampak sangat kagum dengan hasil dari kolaborasi yang telah dijalin oleh kedua belah negara.

Kaisar Naruhito tiba di Depo MRT Lebak Bulus sekitar pukul 10:30 WIB, yang kemudian langsung mneuju ruang OCC utuk melihat bagaimana tim MRT Jakarta merealisasikan kerjasamanya. Selanjutnya sang kaisar mengunjungi area workshop untuk melihat semi perawatan akhir (overhaul) kereta.

BACA JUGA:Rekor Pertemuan Kalah Jauh, Ini Kata Anthony Sinisuka Ginting Soal Viktor Axelsen

Setelah itu ia bersama rombongan bergeser ke arah area perawatan ringan di inspection shed. Kaisar Naruhito juga menyempatkan diri untuk berdialog dengan salah satu pekerja perempuan di kabin ratangga.

Dukungan Jepang tidak sebatas dana dan pembangunan sarana dan prasarana, melainkan transfer pengetahuan dan keterampilan yang mejadi standar kerja baru bagi industri perkeretaapian otomatis di Indonesia.

BACA JUGA:Jamaah Haji Wafat Atau Kecelakaan Akan Di Cover Asuransi, Simak Ketentuannya

Diketahui setelah memantau MRT Jakarta, Kaisar Naruhito beserta rombongan dijadwalkan akan disambut secara resmi oleh Presiden Jokowi di Istana Bogor pada Senin, 19 Juni mendatang. Kemudian disusul dengan jamuan makan siang beserta pertemuan bilateral dengan tokoh-tokoh Indonesia yang memiliki hubungan dengan Jepang pada malam harinya.

Kemudian pada Rabu 21 Juni, Kaisar Natuhito dijadwalkan akan mengunjungi Balai Teknik Sabo dengan ditemani Menteri PUPR Basuki untuk meninjau kinerja pengembangan, perekayasaan, dan pelaksanaan pelayanan teknis pengujian, pengkajian, inspeksi dan sertifikasi di bidang sabo.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: