Kabar Dari Tanah Suci (6): Cari ATM yang Berbahasa Indonesia

Kabar Dari Tanah Suci (6):   Cari ATM yang Berbahasa Indonesia

Deretan ATM di dalam Royal Clock Tower atau biasa disebut mal menara jam di Makkah. Sebagian ATM menyediakan pilihan bahasa Indonesia. -Pamuji Setyawan-Dewangga-

Sebagian calon jemaah haji (CJH) kadang-kadang masih bingung bagaimana caranya mengambil uang di mesin ATM di bank-bank yang namanya asing itu.  Karena khawatir, ada yang membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Tentu ini berbahaya. Pamuji Setyawan dari Biro Haji dan Umrah Dewangga kantor cabang Ngawi melaporkan langsung dari Makkah.  

---

KADANG-KADANG masih dijumpai jemaah yang kebingungan karena kartu debitnya tidak bisa dipakai untuk mengambil uang di mesin ATM bank-bank di Arab Saudi. Setelah dicek ternyata kartu debitnya tidak ada logo Visa atau MasterCard. 

Mesin ATM-nya sendiri ada di banyak lokasi mal dan pertokoan di Makkah dan Madinah. Di Makkah, sebagai contoh, ada di depan hotel Dar El Eiman. Di area Tower Jam ada kantor Bank Al-Rajhi dilengkapi dengan mesin ATM. Di dalam mal Tower Jam pun ada pusat mesin ATM. Di sini malah lebih nyaman karena mesin ATM cukup banyak sehingga tidak sampai ada antrean.

Ketika menarik uang dari mesin ATM pastikan kita memilih bahasa yang kita pahami. Beberapa ATM bank tertentu seperti Bank Al-Rajhi memberikan fasilitas bahasa Indonesia dalam mesin ATM-nya. Lebih nyaman karena seperti mengambil uang di mesin ATM di negeri sendiri.

BACA JUGA:Pengakuan Kemerdekaan RI sejak 17 Agustus 1945 oleh Pemerintah Belanda

BACA JUGA:Ginting Gagal Bikin Kejutan, Axelsen Hat-trick Juara Indonesia Open 2023

Mengambil uang lewat mesin ATM juga lebih menguntungkan karena kursnya real time dan lebih bersaing dibandingkan kita menukarkan uang fisik. Usahakan ketika menarik uang sekaligus dalam jumlah besar. Sebab ada biaya penarikan yang dikenakan dalam satu kali penarikan. Besarnya sekitar Rp 25 ribu atau lebih. Bergantung kebijakan bank di mana kita menarik uang di ATM. Meski ada biaya penarikan, nominalnya masih lebih Masih bersaing daripada menukarkan uang fisik di money changer.

Uang yang keluar dari mesin ATM tentunya dalam lembaran riyal dengan pecahan bervariasi. Yang paling penting, pastikan ada saldo di tabungan kita. (*/Bersambung)


Bank Al-Rajhi menyediakan ATM dengan pilihan Bahasa Indonesia.-Pamuji Setyawan-Dewangga-

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: