PPIH Siapkan 100 Kursi Roda dan 15 Mobil Golf Untuk Lansia di Mina

PPIH Siapkan 100 Kursi Roda dan 15 Mobil Golf Untuk Lansia di Mina

Petugas PPIH membantu jemaah naik dari kursi roda ke mobil golf-Kemenag-

HARIAN DISWAY– Puncak Haji semakin dekat. Petugas Penyelenggara Ibadan Haji (PPIH) Arab Saudi terus meningkatkan persiapan. Khususnya terkait pelayanan jemaah menjelang periode Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armina)

Koordinator Media Center Haji (MCH) PPIH Pusat Dodo Murtado menyebutkan jika pada momen puncak haji nanti, khususnya pada fase Armina jemaah harus jalan kaki menuju Jamarat untuk melakukan ritual lempar jumrah dengan jarak tempuh sekitar 3 km.

Pada rute tenda Mina – Jamarat tersebut, imbuh Dodo, PPIH menyiapkan petugas yang khusus melayani lansia yang telah disebar di setiap titik. Mereka akan dibekali dengan 100 kursi roda dan sejumlah perangkat lainnya.

“Selama di Mina, pihak Masyarik akan menyiapkan 15 mobil golf untuk layanan lansia, termasuk bagi jemaah risti (resiko tinggi,Red) serta penyandang disabilitas.” jelasya.

BACA JUGA:Sandi Ajak Masyarakat Habiskan Libur Idul Adha Dengan Berwisata Di Dalam Negeri

BACA JUGA:Gempa Mojokerto Terjadi Di Daerah Seismisitas Rendah, Ada Antiklin Di Bawah Bumi Majapahit

Fasilitas kursi roda dan mobil golf tersebut adalah salah atu terobosan baru dan ikhtiar PPIH melayani jemaah khususnya para lansia yang tahun ini berjumlah lebih dari 67 ribu jemaah.

Kemudian pada hari ke 28 operasional penyelenggaraan haji, Dodo menambahkan, berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hingga tangal 18 Juni 2023, jumlah jemaah gelombang 2 yang telah tiba di bandara King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah berjumlah 76.121 orang atau 198 kelompok terbang.

BACA JUGA:Tradisi Gulat Okol, Duel Sumo Versi Gresik

BACA JUGA:Alasan Firli Bahuri Dinyatakan Tak Bersalah

Adapun tambahan kuota di bandara AMAA Madinah sebanyak 1.777 orang atau 6 kloter. Hingga total kedatangan keseluruhan jemaah haji Indonesia per 24:00 WIB (18/6/2023) mencapai total 179.211 orang atau 466 kelompok terbang.

Sementara itu, Dodo menyebutkan jika terdapat 8.360 orang yang tergabung dalam 92 Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang telah tiba di Madinah. "Sampai hari ini, ada 83 orang jemaah haji yang wafat, dengan rincian 49 orang wafat di Makkah dan 31 orang wafat di Madinah, dan di Jeddah sebanyak 3 orang," pungkasnya.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenagri