Cheng Yu Pilihan Guru Bahasa Mandarin SIIBT dan ITCC Rini Kurniawati: Quan Xin Quan Yi

Cheng Yu Pilihan Guru Bahasa Mandarin SIIBT dan ITCC Rini Kurniawati: Quan Xin Quan Yi

Cheng Yu Rini Kurniawati--

ANDA SUDAH TAHU, rubrik Pepatah Tiongkok ini selain ditulis oleh pengasuhnya, juga menerima kiriman tulisan dari para pembacanya. 

Tulisan yang sedang Anda baca ini, misalnya, merupakan tulisan yang dikirim oleh Rini Kurniawati, guru bahasa Mandarin di SIIBT dan ITC Centre (ITCC), Surabaya.

Tentu, penerbitan tulisannyi ini setelah melewati kurasi dari pengasuh rubrik ini. Anda pun boleh mengirim tulisan berisi Cheng Yu kesukaan ke sini. Tak usah panjang-panjang. Namun jangan pula terlalu pendek. 

Rini alumni Ming Chuan University (銘傳大學), Taiwan. Dia sebelumnya telah menamatkan sarjananyi di Indonesia, tetapi kemudian kuliah lagi di Taipei setelah mendapatkan beasiswa lewat SIIBT dan ITCC, lembaga pendidikan yang didirikan Founder Harian Disway Dahlan Iskan. 

Tiap tahunnya, SIIBT dan ITCC memberangkatkan ratusan putra-putri Indonesia ke Tiongkok dengan beragam jalur beasiswa untuk berkuliah di bermacam jurusan studi. Kedokteran pun tak terkecuali.

Lulusan Tiongkok yang dikirimkan SIIBT dan ITCC terserap dalam berbagai bidang pekerjaan. Rini sendiri, memilih menjadi guru di almamaternyi. Dia mungkin terinspirasi ungkapan klasik "饮水思源" (yǐn shuǐ sī yuán): saat minum air, mengingat sumbernya. 

Dalam menjalankan apapun, Rini menuliskan, dia selalu berpedoman pada pepatah "全心全意" (quán xīn quán yì). Yang artinya: mengerjakan sesuatu dengan sepenuh hati. 

Menurut Rini, adagium itu selaras dengan yang diajarkan Alkitab. Terutama yang termaktub dalam Kolose 3:23. Yang bunyinya Anda sudah sangat hafal di luar kepala: "Apapun yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia."

"Ayat inilah yang membuat saya belajar untuk tidak melakukan sesuatu dengan asal-asalan, sehingga berusaha melakukan yang terbaik dalam segala hal. Ini juga yang membuat saya tetap semangat saat menjalani kuliah maupun saat bekerja," tulis Rini, yang hobi merawat hewan piaraan dan aktif dalam pelayanan musik di gereja. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: