Jelang Liga 1 2023-2024 Persis vs Persebaya: Pasukan Aji Santoso Sering Sulit Menang di Laga Perdana

Jelang Liga 1 2023-2024 Persis vs Persebaya: Pasukan Aji Santoso Sering Sulit Menang di Laga Perdana

Aksi M. Iqbal di laga persahabatan Persis vs Persebaya. Ia mencetak dua gol yang menjadi awal mula comeback Persebaya.-Official Persebaya-Official Persebaya

BERBAGAI hal positif dicapai Aji Santoso di Persebaya. Tapi ada salah satu hal negatif yang seringkali menjadi momok Aji Santoso. Di tangannya, Persebaya selalu sulit menang di laga perdana.

Padahal seringkali Persebaya mengawali Liga 1 dengan catatan pramusim yang lumayan oke. Di musim 2019-2020 misalnya. Musim di mana Aji Santoso memimpin Persebaya sejak awal Liga.

Saat itu Persebaya menatap Liga 1 dengan semangat luar biasa. Mereka punya skuad bertabur bintang. Mereka juga baru saja memenangkan Piala Gubernur Jatim. Mengalahan Madura United, Arema FC, hingga Persija Jakarta. 

Tapi ternyata di awal liga hasilnya berbanding terbalik. Persebaya gagal menang dari tim promosi kala itu, Persik Kediri. Persebaya ditahan 1-1 di kandang sendiri di Gelora Bung Tomo (GBT).

BACA JUGA:Jersey Persebaya Liga 1 2023-2024 Diluncurkan 1 Juli, Ada Relief Sabuk Tugu Pahlawan

Di laga kedua, Persebaya harusnya bertemu dengan Persija. Tapi laga ditunda karena saat itu Covid-19 mulai merebak. Di laga ketiga malah Persebaya dipermalukan Persipura 3-4 di GBT. Setelah itu, liga berhenti karena pandemi.

Di musim berikutnya pun sama. Pasukan muda Persebaya ketika itu sempat mentereng di pramusim, Piala Menpora. Tapi di awal liga kondisinya sama. Persebaya kalah di laga perdana dari Borneo FC. Hal yang sama terjadi di musim 2022-2023. Persebaya kalah dari tuan rumah Persikabo 1-0.

BACA JUGA:Liga 1 2023-2024, Persis Solo vs Persebaya: Paulo Victor Cedera, Bawa 22 Pemain ke Solo

Di Liga 1 musim 2023-2024 Persebaya melakoni laga perdana dengan away ke Solo. Menjamu Persis Solo. Di atas kertas, Persebaya bisa mengatasi tim tuan rumah.

Jika berkaca dari tiga kali pertemuan, plus hasil pramusim, Persis Solo sulit mengalahkan Persebaya. Terakhir Persebaya bisa mengalahkan Persis 3-4 lewat comeback epik. Persebaya menang tanpa diperkuat sejumlah pemain asingnya.

"Pertandingan pertama biasanya cukup sulit karena biasanya pemain masih beradaptasi dengan situasi kompetisi. Saya minta para pemain agar bekerja keras di pertandingan perdana lawan Persis," kata Aji Santoso saat jumpa pers jelang laga, Jumat, 30 Juni 2023.

Sementara itu, pelatih Persis Leonardo Medina berupaya meningkatkan kolektivitas tim. “Saya selalu berusaha mencari jalan keluar terbaik agar para pemain bisa beradaptasi dengan game model kami,” kata Leo, sapaan Leonardo Medina.(*) 

Statistik di Laga Perdana

Di Era Aji Santoso

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: