Konser Taylor Swift The Eras Tur Berpotensi Raup Pendapatan Rp 21 T, Tertinggi dalam Sejarah

Konser Taylor Swift The Eras Tur Berpotensi Raup Pendapatan Rp 21 T, Tertinggi dalam Sejarah

TAYLOR SWIFT menyanyi di tengah konser di Florida, 13 April 2023.-Getty Images via AFP-

HARIAN DISWAYTaylor Swift berpotensi membukukan rekor sebagai penyanyi dengan tur konser berpenghasilan tertinggi sepanjang masa. Itu setelah hitungan kasar pendapatan The Eras Tour milik Taylor Swift diproyeksikan meraup penghasilan USD 1,4 miliar. Atau setara dengan Rp 21 triliun.

Hal itu diungkapkan oleh Variety, mengutip laporan dari Pollstar. Jika hitungan itu benar, maka The Eras Tour Taylor Swift bakal menjadi satu-satunya tur konser yang membukukan pendapatan lebih dari USD 1 miliar.

Pollstar, majalah industri musik asal AS itu, telah menghitung pendapatan kotor konser The Eras Tour yang sudah berjalan. Lalu menambahkan perkiraan pendapatan di konser-konser selanjutnya.

BACA JUGA: Setlist Konser Taylor Swift di The Eras Tour, 3,5 Jam Nyanyikan 44 Lagu

BACA JUGA: Daftar Harga Tiket Taylor Swift di Singapura, Mulai Rp 1,2 Juta Hingga Rp 3,8 Juta

Pollstar memperkirakan, konser The Eras Tour Taylor Swift akan mencapai milestone bersejarah, USD 1 miliar, ketika dia berkonser di Singapura tahun depan. Yakni di National Stadium Singapura, 2, 3, 4 Maret 2024 dan 7, 8, 9 Maret 2024.

Setelah satu-satunya perhentian di Asia Tenggara itu, perjalanan tur Taylor Swift masih panjang. Pelantun Wildest Dream itu masih bakal keliling Eropa sepanjang 2024. Sebelum menutup rangkaian The Eras Tour di Wembley Stadium, London, pada 17 Agustus 2024 (jika tidak ada penambahan lagi).

’’Saat itulah konser ini meraup pendapatan kotor sebesar USD 1,4 miliar,’’ tulis Pollstar. ’’Dan itu adalah angka konservatif. Artinya, kami mengambil rerata penghasilan paling kecil. Jumlahnya sangat mungkin lebih dari itu,’’ jelas majalah tersebut.

Pollstar mungkin harus segera merevisi angka. Karena, baru beberapa hari lalu Taylor Swift memutuskan menambah tanggal konser di Eropa. Seperti halnya di Singapura. Yang awalnya tiga hari, menjadi enam hari.

Oh ya, angka USD 1,4 miliar hanya dihitung dari hasil penjualan tiket. Belum yang lain-lain. Misalnya merchandise resmi. Dan itu biasanya laku keras di tempat konser.

BACA JUGA: Kejutkan Fans, Taylor Swift Nyanyikan Haunted dan I Almost Do di Eras Tour Detroit

Saat ini, rekor sebagai artis dengan penghasilan tur tertinggi masih dipegang oleh Elton John. Menurut Billboard, ia sudah mengumpulkan USD 887 juta, atau setara dengan Rp 13,3 triliun, dari rangkaian konser Farewell Yellow Brick Road.

Angka itu belum final. Karena konser terakhir Elton John sebelum pensiun tersebut masih berjalan. Namun, Farewell Yellow Brick Road bakal berakhir pada 8 Juli di Stockholm, Swedia. Dengan lima konser tersisa (dua hari di Zurich, Swiss, sehari di Copenhagen, Denmark, dan dua hari di Stockholm), ia belum bisa mencapai USD 1 miliar.

BACA JUGA: Pulang Bersama Usai Konser, Berikut Kumpulan Bukti Rumor Taylor Swift dan Matty Healy Berkencan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: variety