Kloter Pertama Jemaah Haji Mendarat di Bandara Soekarno Hatta

Kloter Pertama Jemaah Haji Mendarat di Bandara Soekarno Hatta

Petugas mendorong jamaah haji lansia menggunakan kursi roda melintasi jembatan terminal kedatangan Bandara Soekarno Hatta Jakarta-Kemenhub Ditjen Perhubungan Udara-

TANGERANG, HARIAN DISWAY - Sebanyak 371 jamaah dan 5 orang petugas haji tiba di Bandara Soekarno hatta Tangerang Banten pada Selasa, 4 Juli 2023 sore. 

Jamaah tersebut merupakan kloter pertama yang mendarat di tanah air dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah. 

Para jamaah tersebut diangkut dengan pesawat Saudia Airlines dan mendarat pada pukul 15.47 WIB. Kedatangan kloter pertama ini sekaligus mengawali fase gelombang pertama jemaah haji Indonesia ke Tanah Air.

BACA JUGA:Hari Ini 6 Ribu Jemaah Haji Diterbangkan Ke Tanah Air

"Alhamdulillah kedatangan pesawat yang mengangkut jemaah haji kloter pertama di Bandara Soekarno Hatta berjalan lancar. Semoga  sampai kloter terakhir operasional penerbangan berjalan selamat, aman dan nyaman," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M.Kristi Endah Murni

Kedatangan jemaah haji di Bandara Soekarno-Hatta ini direncanakan berlangsung mulai 4 Juli hingga 4 Agustus 2023 menggunakan maskapai Garuda Indonesia dan Saudia Airline.

BACA JUGA:Pemulangan Jamaah Haji Ke Tanah Air Mulai Tanggal 4 Juli 2023

Kristi mengatakan Ditjen Hubud bersama dengan kementerian/lembaga dan stakeholder penerbangan terkait memastikan kesiapan seluruh fasilitas operasional dan pelayanan kedatangan jemaah haji dengan baik, khususnya jemaah haji lansia.

"Sesuai tema haji tahun 2023 yaitu Ramah Lansia, maka fasilitas kursi roda dan petugas telah siap membantu jemaah haji mulai dari keluar pesawat menuju terminal bandara hingga memasuki bus yang mengantarkan ke asrama haji," jelas Kristi.

BACA JUGA:Kuota Haji Tahun Depan Tetap 221 Ribu Jamaah

BACA JUGA:Belum Bisa Haji Tahun Ini? Simak Tahapan Penyelenggaraan Haji Tahun Depan

Dari bandara, jemaah haji diberangkatkan ke asrama haji menggunakan 6 unit Bus Damri dengan pengawalan  oleh pihak Balai Karantina Kesehatan Soekarno Hatta.

Kristi berharap proses kedatangan jamaah haji dan pelayanan angkutan udara di semua bandara yang telah ditetapkan dapat berjalan lancar dan tidak ada kejadian khusus atau penerbangan lain yang terdampak. 

“Setelah semua proses kedatangan jemaah haji nanti selesai, kami akan melakukan evaluasi untuk perbaikan pelayanan angkutan udara haji tahun berikutnya,” ungkap Kristi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: