Steven Gerrard Berlabuh ke Al Ettifaq, Liga Pro Arab Saudi Makin Merata

Steven Gerrard Berlabuh ke Al Ettifaq, Liga Pro Arab Saudi Makin Merata

Steven Gerrard memulai kesepakatannya dengan pengurus Al-Ettifaq.--instagram @stevengerrard

HARIAN DISWAY - Steven Gerrard ditunjuk sebagai manajer klub Arab Saudi, Al Ettifaq. Mantan gelandang Timnas Inggris dan Liverpool itu sudah bersepakat dengan bos Al-Ettifaq, Senin 3 Juli 2023.

Kesepakatan itu dibuat melalui kontrak selama dua tahun. Sebelumnya, Gerrard telah diundang ke Saudi untuk melihat “tawaran potensial” untuk dirinya pada Juni kemarin. Saat itu ia menyatakan penolakannya. Namun Gerrard mengumumkan di sosial medianya tengah bersepakat dengan Al-Ettifaq dua hari lalu.

Al-Ettifaq berada di peringkat ketujuh di Liga Pro, Arab Saudi musim 2022-2023. Selisih 35 poin dari sang juara, Al-Ittihad. Kepindahan Gerrard melatih skuad Al-Ettifaq merupakan harapan besar bagi klub. 

BACA JUGA:Mac Allister, Jimat Baru Liverpool

BACA JUGA:Real Madrid Serobot Liverpool di Perebutan Gelandang Dortmund: Jude Bellingham

“Tanpa keraguan, kehadiran Gerrard akan menjadi tambahan dan lompatan besar bagi liga kami,” ujar Khalid Al-Dabal, ketua klub Al-Ettifaq. Gerrard sudah menganggur sejak keluar dari Aston Villa Oktober 2022 lalu. Sebagai manajer, ia dipecat setelah memperoleh catatan buruk. Di bawah kepemimpinannya bersama Aston Villa, Gerard cuma membubuhkan 13 kemenangan dari 40 pertandingan. 


Steven Gerrard ketika melatih Aston Villa.--instagram @avfcofficial

Kepindahan Gerrard ke Saudi merupakan momen musim panas penuh investasi bagi klub-klub Saudi. Tentu semua itu diawali oleh bergabungnya Cristiano Ronaldo ke Al-Nassr. Tren Liga Pro Arab Saudi makin mentereng.

Beberapa pemain top yang resmi membela klub Liga Pro, Saudi: Karim Benzema, N’Golo Kante, Kalidou Koulibaly, Edouard Mendy, Ruben Neves, dan Marcelo Brozovic. Penyerang Liverpool, Roberto Firmino juga resmi masuk ke Al-Ahli, Rabu, 5 Juli 2023. 

Liga Pro Arab Saudi pun makin menarik untuk disimak. Kehadiran pemain bintang tidak hanya dilakukan satu klub. Namun, lebih merata. Kehadiran Gerrard di posisi kepelatihan juga ikut mendorong pamor liga yang sebelumnya dipandang sebelah mata itu. 

BACA JUGA:Real Madrid Vs Liverpool, Bisakah Liverpool Ulangi Keajaiban?

BACA JUGA:Kemenangan Terbesar Liverpool Kontra MU Sejak 1895

Sebagai rekrutan kepelatihan, Gerrard bukan satu-satunya yang mendapat tawaran Saudi. Pelatih Fulham, Marco Silva juga diinginkan oleh Al-Hilal. Namun tawaran sebesar 17 juta poundsterling (senilai Rp 325,7 juta) itu ditolaknya.

Gerrard pensiun sebagai pemain pada tahun 2016. Ia memulai peran sebagai manajer bersama klub Rangers, Skotlandia di musim 2018-2019. Bersama Rangers, Gerrard meraih gelar Liga utama Skotlandia di musim 2020-2021. (Fidelis Daniel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: