Caleg DPRD Jatim Mimik Idayana, Dicintai Pemuda dan Perempuan Sidoarjo

Caleg DPRD Jatim Mimik Idayana, Dicintai Pemuda dan Perempuan Sidoarjo

Mimik Idayana, caleg DPRD Jatim daerah pemilihan Sidoarjo.-Dokumentasi Pribadi-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Sosok politikus perempuan Sidoarjo Mimik Idayana melekat di hati rakyat. Khususnya, bagi kaum emak-emak. Kiprahnya di dunia politik, sudah teruji. Umi Mimik -sapaan akrabnya- terpilih menjadi anggota DPRD Sidoarjo, pada 2019 silam. Artinya, ibu lima anak itu, selama satu periode ini telah menjadi wakil rakyat. Ikut berkontribusi memecahkan persoalan warga Sidoarjo.

Untuk kali pertama masuk di dunia politik, ia menjabat sebagai anggota Komisi D, membidangi pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial. Yang sejalan dengan jiwa sosialnya. Sehingga, memudahkannya semakin dekat dengan rakyat. Kehadirannya pun kian dinanti rakyat. Makanya, dia patut masuk Rekomendasi Caleg 2024.

Politikus Partai Gerindra itu, memelopori keterwakilan perempuan di kursi DPRD. Ia pun bersyukur mendapatkan kesempatan itu. Sehingga mendulang semangatnya dalam membantu warga yang membutuhkan. Seperti yang sering dilakukan jauh sebelum menjabat anggota DPRD: dia sering berbagi makanan kepada rakyat di akar rumput, melalui kegiatan Jumat Berkah.

Sejak menjadi anggota DPRD Sidoarjo, semangatnya berbagi terhadap sesama semakin bergelora. Misalnya, dulunya hanya menyiapkan 200 paket nasi, sekarang meningkat menjadi dua kali lipat. Dengan turut menggandeng perkumpulan perempuan, setiap Jumat dia menyiapkan 400 paket nasi. Disalurkan ke masjid-masjid di Sidoarjo.

Dia sering turun langsung ke masyarakat. Yang paling membuat dan menggugah hati sosok aktivis perempuan, anak, dan lansia itu adalah persoalan tentang banyak warga yang belum memiliki rumah layak huni. Gagasan dan ide-ide-nya pun muncul dan dikolaborasikan bareng Pemkab Sidoarjo. Di mana akhirnya, bisa melahirkan program yang strategis dan tepat sasaran. Seperti, program Bedah Rumah.

"Program itu, kini sudah berjalan selama tiga tahun. Sejak saya di sini (DPRD Sidoarjo, Red)," ujar Umi Mimik. Ia optimistis, semakin banyak warga yang tinggal di rumah layak huni, kesejahteraannya pun ikut meningkat. Tidak sampai di situ, harapan bisa membantu warga juga dilakukannya melalui gebrakan-gebrakan lain. Misalnya, mengangkat anak yatim, dan turut membantu pembangunan desa melalui program penganggaran dana BK maupun dana Pokir.


Mimik Idayana sangat dekat dengan pemuda dan perempuan di Sidoarjo-Dokumentasi Pribadi-

Perjuangannya untuk hadir di tengah-tengah masyarakat semakin ia tingkatkan dengan maju ke tingkat yang lebih tinggi. Yaitu, maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPRD Jawa Timur daerah pemilihan Jatim 2 yakni Sidoarjo. Agar, ia tak hanya bisa menyentuh daerah pemilihan (dapil) 2 saja: Porong, Jabon, Tanggulangin, dan Candi. Tetapi, lebih menyeluruh se-Sidoarjo.

"Agar, saya lebih bermanfaat bagi masyarakat Sidoarjo. Tentunya, dapat membantu warga yang lebih luas lagi," ujarnya. 

Menurutnya, banyak warga Sidoarjo kurang mendapat sentuhan bantuan. Seandainya semua bantuan itu bisa lebih mengena dan tepat sasaran, tentunya rakyat menjadi sejahtera. Apalagi, ditunjang oleh program pemerintah yang kian tahun semakin bagus.

Namun, setiap kali ia terjun ke masyarakat. Ada saja yang seharusnya menerima bantuan, tetapi tak menerima. Kondisi itu justru terjadi sebaliknya: warga yang tidak berhak menerima bantuan, malah mereka yang mendapatkan bantuan. Ia mendorong pemerintah, agar ke depan bantuan itu semakin tepat sasaran, juga semakin maksimal. 

Karena itu, ia ikut membantu melanjutkan program-program baik pemerintah, seiring dengan semakin banyaknya temuan-temuan di lapangan, bahwa masih banyak warga perlu mendapatkan bantuan.

"Ya, itulah fungsinya wakil rakyat. Memfasilitasi maupun membantu pemerintah," kata Umi Mimik. Yang jelas, motivasi ke depan, agar tak ditemukan lagi warga miskin. Apalagi, selama menjabat dalam satu periode 2019/2024 ini, sudah banyak program yang disinkronkan. Misalnya, terkait peningkatan pelaku UMKM. Yang diwujudkannya melalui kegiatan kelompok perempuan.

BACA JUGA:Caleg DPRD Jatim Ahmad Iwan Zunaih: Santri, Akademisi, dan Wakil Rakyat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: