Apakah Oppenheimer Merasa Bersalah Menciptakan Bom Atom? Berikut Penjelasan Christopher Nolan

Apakah Oppenheimer Merasa Bersalah Menciptakan Bom Atom? Berikut Penjelasan Christopher Nolan

CILLIAN MURPHY sebagai J. Robert Oppenheimer dalam film Oppenheimer menghadapi dilema etis.-Universal Pictures-

HARIAN DISWAY – Film Oppenhemier akan diputar secara serentak mulai 21 Juli 2023 mendatang. Karya terbaru sutradara Christopher Nolan itu mengisahkan tentang J. Robert Oppenheimer. Yang dikenal sebagai pembuat bom atom di Perang Dunia II.

Nah, bagaimana perasaan J. Robert Oppenheimer ketika bom atom ciptaannya menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki pada Agustus 1945? Dua kota di Jepang itu hancur lebur. Lebih dari 200 ribu orang mati. Ratusan ribu lainnya lumpuh. Anak-anak kehilangan orang tua dan saudara mereka. Apakah ia merasa bersalah?

BACA JUGA: Skrining Oppenheimer, Karya Terbaru Christopher Nolan Langsung Kebanjiran Pujian Kritikus

’’Suka atau tidak, J. Robert Oppenheimer adalah orang paling penting yang pernah ada. Ia yang menciptakan dunia yang kita hidupi sekarang, dengan segala baik buruknya,’’ kata Christopher Nolan, dalam panel Oppenheimer di CinemaCon, Las Vegas, 24 April 2023 lalu.


CHRISTOPHER NOLAN (dua dari kanan) mengarahkan Cillian Murphy di lokasi syuting Oppenheimer.-Universal Pictures via People-

Menurut Christopher Nolan, kita tidak bisa sepenuhnya menyalahkan Oppenheimer atas kejadian pada Perang Dunia II. Meskipun ia adalah pencipta bom dengan tingkat fatalitas tertinggi dalam sejarah dunia modern tersebut.

Christopher Nolan sangat yakin, Oppenheimer saat itu juga menghadapi dilema etis. ’’Orang-orang paling brilian di negeri ini sedang putus asa menghadapi Nazi yang juga mengembangkan nuklir di Perang Dunia II,’’ kata sutradara 52 tahun itu.

BACA JUGA: Christopher Nolan Enggan Pakai CGI, Begini Caranya Membuat Ledakan Nuklir yang 'Aman' dalam Oppenheimer

Menurut Christopher Nolan, para ilmuwan itu—terlebih Oppenheimer—jelas tahu risiko dari ciptaan mereka. Tapi mereka juga bukan orang yang sepenuhnya mengabaikan kemanusiaan. So, pasti ada situasi tertentu yang membuat Oppenheimer dan timnya menjalankan proyek mematikan tersebut. 

’’Bayangkan bagaimana orang-orang dengan otak paling cerdas itu menghadapi kemungkinan bahwa ciptaan mereka bakal membuat dunia hancur. Tapi mereka tetap memilih untuk menekan tombol (peluncuran bom, Red),’’ papar Christopher Nolan.

BACA JUGA: Sebelum Nonton Filmnya, Yuk Kenali Dulu Siapa Itu Oppenheimer

’’Aku sih kepingin ada di sana dan melihat seperti apa situasi yang mendorong hal itu,’’ lanjut sutradara trilogi The Dark Knight tersebut.

Untuk memahami jalan pikiran Oppenheimer, kita memang harus menonton untuk bisa percaya. Christopher Nolan meyakinkan, film Oppenheimer tidak membela keputusan ilmuwan lulusan Harvard itu secara membabi buta.

Oppenheimer juga mengajukan pertanyaan-pertanyaan membikin yang tidak nyaman. Bahkan buat kita, para penonton, yang ’’menikmati’’ hasil kerja sang ilmuwan. Ya, berkat bom itu juga Indonesia bisa merdeka. ’’Enggak ada jawaban mudah selain paradoks-paradoks yang menggairahkan,’’ sebut Christhopher Nolan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: the hollywood reporter