Kunjungi Bungurasih, Menhub Berharap Tak Ada Lagi Terminal Bayangan

Kunjungi Bungurasih, Menhub Berharap Tak Ada Lagi Terminal Bayangan

Menhub Budi Karya Sumadi, Walikota Surabaya Eri Cahyadi berdialog dengan para operator bus di Terminal Purabaya Bungurasih, Jumat 17 Jul-Kemenhub-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap agar Terminal Bungurasih mampu mengelola pool-pool bus di sekitar agar mau menyatu ke dalam Terminal

Anda sudah tahu, bahwa dewasa ini banyak operator bus yang membuat pool untuk menaikkan dan menurunkan penumpang di luar area terminal bungurasih.

“Kita harus mengkonsolidasi pool-pool  bus yang ada di luar terminal. Jangan ada lagi terminal bayangan, sehingga terminal yang ada memang maksimal untuk digunakan,” kata Menhub dalam kunjungannya ke Bungurasih pada Jumat, 14 Juli 2023. 


Menhub Budi Karya Sumadi dan Walikota Surabaya Eri Cahyadi di Terminal Bungurasih, Jumat, 14 Juli 2023-Kemenhub-

BACA JUGA:Jajakan Anak di Bawah Umur, Muncikari Bungurasih Dibekuk Polisi

Hal tersebut berkaitan dengan rencana revitalisasi 2 terminal Tipe A di Jawa Timur. Yakni meliputi Terminal Purabaya Bungurasih, serta Terminal Taman, Kediri. 

Saat ini Terminal Purabaya sedang dalam proses revitalisasi yang berlangsung mulai Maret hingga Desember 2023. 

Revitalisasi yang dilakukan berupa perbaikan jalan akses keluar dan masuk terminal. Pada 2022 anggaran untuk revitalisasi Terminal Purabaya berjumlah Rp 4 miliar, kemudian pada 2023 sebesar Rp 30 miliar.

BACA JUGA:Sumbatan Aloha Dibongkar, Macetnya Pindah Bungurasih

Sementara itu, Terminal Taman, Kediri akan dibangun dan diperbesar dengan 3 tahap pembangunan. Tahap I pada 2020 dengan biaya Rp 12,5 miliar, tahap II pada 2021 dengan biaya Rp 7,6 miliar, serta tahap III pada 2022 dengan biaya sebesar Rp. 4,85 miliar. 

Lebih lanjut, Menhub meminta kepada jajarannya dan juga jajaran pemerintah daerah melalui Dinas Perhubungan dan pihak kepolisian untuk turut mendukung agar fungsi terminal lebih optimal.

BACA JUGA:Dishub Surabaya Tinggalkan Bungurasih

Pekerjaan revitalisasi kedua terminal tersebut dilakukan sesuai target waktu dan diupayakan tidak mengganggu layanan reguler di terminal. “Setelah direvitalisasi, harapannya masyarakat khususnya warga Surabaya Raya dan Jawa Timur merasakan peningkatan pelayanan,” kata Menhub.

Menhub berharap, melalui revitalisasi ini, dapat memberikan pelayanan angkutan jalan baik AKAP, AKDP, dan angkutan jalan lainnya yang nyaman dan aman, sehingga masyarakat mau beralih dari kendaraan pribadi untuk melakukan mobilitasnya baik di dalam kota maupun luar kota.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: