KDRT Istri Hamil, Suami Tidak Ditahan, Heboh

KDRT Istri Hamil,  Suami Tidak Ditahan, Heboh

Ilustrasi KDRT istri hamil. -Ilustrasi: Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

7) Gugur atau matinya kandungan seorang perempuan.

Siswanto: ”Kalau tidak masuk kriteria luka berat, berarti luka ringan. Kalau KDRT luka ringan, masuk ayat 4.”

Syarat penahanan tersangka kejahatan oleh Polri, sesuai KUHAP (Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana) ada dua: Syarat formil dan materiil. 

Syarat formil ada tiga: Tersangka dianggap tidak akan mengulangi perbuatan. Tersangka dianggap tidak berpotensi melarikan diri. Tersangka dianggap tidak menghilangkan barang bukti. 

Sedangkan syarat materiil cuma satu, yakni ancaman hukuman penjara maksimal di atas lima tahun. Artinya, kalau ancaman di bawah lima tahun penjara, tersangka tidak perlu ditahan. 

”Tersangka BD dikenai ayat 4, ancaman hukuman maksimal empat bulan. Tidak perlu ditahan,” ujar Siswanto.

Penjelasan itu penting buat masyarakat. Supaya masyarakat jangan selalu menuntut polisi, bahwa setiap pelaku KDRT pasti ditahan. Tidak selalu.

Jika begitu, UU PKDRT bisa dianggap menguntungkan suami jika melakukan KDRT. Sebab, secara kodrati, fisik lelaki jauh lebih kuat dibanding perempuan. Mayoritas KDRT dilakukan suami terhadap istri. Maka, itu merugikan istri.

Memang begitulah UU yang ada. Kecuali, perempuan punya bekal kemampuan olahraga bela diri. Bukan untuk menyerang suami. Setidaknya, jago dalam pertahanan diri. Tokoh paling top sedunia untuk ini adalah Ronda Jean Rousey, mantan juara dunia duel bebas Mixed Martial Art (MMC).

Rousey kelahiran Riverside, California, Amerika Serikat, 1 Februari 1987. Tinggi 168 sentimeter (sedang, untuk ukuran ras Kaukasia). Ibunyi, AnnMaria De Mars, pada 1980-an juara dunia judo.

Para musuh Rousey di atas ring MMA mayoritas KO di bawah semenit pertarungan. Dia sangat ganas. Pun di kehidupan pribadi Rousey, pernah di-KDRT mantan pacar. Itu diungkap di buku karya Rousey, berjudul My Fight/Your Fight (2015).

Di situ diungkap, nama mantan pacar Rousey disamarkan. Dijuluki sebagai Snappers McCreepy. Suatu hari, McCreepy mengambil foto Rousey saat telanjang, tanpa persetujuan Rousey. Lalu, Rousey marah. Terjadi cekcok, akhirnya putus.

Setelah menyatakan putus, Rousey keluar dari apartemen si pacar. Ternyata jalan Rousey dihalangi badan sang pacar yang tingginya 195 sentimeter. Rousey mengingatkan McCreepy agar minggir sebelum ada darah mengalir. Sebaliknya, McCreepy malah pasang kuda-kuda, siap menyerang.

Rousey: ”Gerak cepat, saya tinju wajahnya dengan straight kanan. Lalu, otomatis saya beri hook kiri. Ia terhuyung…. Jatuh, badannya menimpa pintu.”

Rousey, di buku mengatakan, dia perlu memberi peringatan lebih dulu kepada McCreepy sebelum memukul. Sebab, dia tahu, meski McCreepy lelaki dan bertubuh jauh lebih besar, Rousey adalah juara dunia MMA. Jadi, Rousey tetap merasa dominan jika bertarung. Dia pun memberikan peringatan dulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: