Didenda Rp 75 Juta, Viktor Axelsen Ungkap Borok BWF

Didenda Rp 75 Juta, Viktor Axelsen Ungkap Borok BWF

VIKTOR AXELSEN menjuarai Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, 18 Juni 2023. Ia belum menerima uang hadiah.-Adek Berry-AFP-

HARIAN DISWAYViktor Axelsen kesal sekali pada BWF. Federasi bulu tangkis dunia itu menjatuhkan denda sebesar USD 5.000 (sekitar Rp 75 juta) kepadanya. Karena pemain nomor satu dunia asal Denmark itu tidak tampil dalam Singapore Open yang digelar pada 6-11 Juni 2023 lalu.

’’Aku tidak muncul di Singapore Open selama dua hari untuk menjalani rehabilitasi penegangan otot untuk bersiap terjun di Indonesia Open,’’ tulis Viktor Axelsen di Twitter, Rabu lalu, 12 Juli 2023.

BACA JUGA: Viktor Axelsen vs BWF Makin Panas: Jangan Ngomong Kesejahteraan Pemain!

’’Padahal, dengan membeli tiket pesawat, hotel, dan terbang kembali (ke Denmark, Red), kami sudah mengeluarkan uang hampir USD 5.000. Sudah begitu, aku tidak bisa menjalani rehabilitasi dan latihan dengan layak. Sedangkan aku harus mempersiapkan diri untuk turnamen level 1000,’’ lanjut pemain berusia 29 tahun tersebut.


Victor Axelsen Juara Indonesia Open 2023-Istimewa-PBSI

Belum selesai sampai di situ, Viktor Axelsen gantian membongkar borok BWF yang belum membayarkan uang hadiah. Ia menjuarai Indonesia Open 2023 yang digelar pada 13-18 Juni 2023. Hampir sebulan lalu.

’’Ironisnya, kami belum menerima uang hadiah dari Indonesia Open, yang harusnya sudah ada di rekening pemain. Duh ironis banget!’’ Viktor Axelsen mengomel. Harusnya, sebagai juara tunggal putra, ia mendapatkan USD 87,5 ribu. Atau setara dengan Rp 1,3 miliar.

BACA JUGA: Ginting Gagal Bikin Kejutan, Axelsen Hat-trick Juara Indonesia Open 2023

Viktor Axelsen pun menunjukkan tangkapan layar email berisi perincian denda dari BWF. Serta regulasi BWF terkait uang hadiah.

Dalam regulasi BWF, pemain peringkat 15 besar dunia memang wajib mengikuti beberapa turnamen. Yakni BWF World Tour Finals, semua turnamen level Super 1000, semua turnamen level Super 750, dan empat dari tujuh turnamen Super 500.

Pemain boleh mundur dari turnamen, asal datang ke venue dan mengundurkan diri. Kalau cedera, mereka boleh tidak berangkat ke venue. Namun harus menyertakan dokumen pendukung. Misalnya keterangan dokter.

BACA JUGA: Head-to-Head Anthony Sinisuka Ginting vs Viktor Axelsen

Nah, Singapore Open 2023 adalah turnamen berlevel Super 750. Sehingga wajib diikuti oleh Viktor Axelsen. Yang notabene adalah pemain nomor satu dunia. Dalam emailnya, BWF menagih dokumen pendukung yang menyatakan bahwa Axelsen tidak bisa tampil karena cedera.

BWF menanggapi cuitan Axelsen pada Jumat, 14 Juli 2023. Badan yang dipimpin oleh Poul-Erik Hoyer Larsen itu menyatakan bahwa kesejahteraan pemain menjadi perhatian utama mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bwf official