Fast Track dan Keselamatan Penerbangan Kini Masuk Materi Manasik Haji

Fast Track dan Keselamatan Penerbangan Kini Masuk Materi Manasik Haji

Calon Jamaah haji berlatih keselamatan penerbangan di mock up pesawat Asrama Haji Palembang-Kemenag-

HARIAN DISWAY - Manasik haji kini tidak hanya terbatas pada latihan pelaksanaan rukun-rukun dan wajib haji. Namun juga soal prosedur imigrasi dan keselamatan penerbangan. 

Hal ini diinisiasi oleh Asrama Haji Embarkasi Palembang yang menyediakan latihan fast track, jalur lansia dan pelatihan keselamatan penerbangan. 

Asrama Haji Palembang dan Makassar bahkan menyediakan mock-up ruangan dalam pesawat untuk kepentingan latihan jamaah.   

BACA JUGA:Cara Menggunakan Telejemaah, Aplikasi Untuk Memantau Kesehatan Jamaah Haji di Tanah Suci

Koordinator Media Center Haji (MCH) PPIH Pusat Dodo Murtado mengungkapkan bahwa layanan inovasi terus dikembangkan untuk memperbaiki layanan pada jamaah. 

“Selain fasilitas dan infrastruktur penunjang operasional haji, sejumlah embarkasi/debarkasi memiliki layanan dan fasilitas dan layanan inovatif bagi jamaah khususnya lanjut usia,” kata Dodo, Minggu, 16 Juli 2023. 

Saat ini kata Dodo, ada dua asrama haji Embarkasi/Debarkasi yang memiliki fasilitas berupa replika pesawat. Yakni Asrama Haji Palembang dan Asrama Haji Sudiang, Makassar. 

BACA JUGA:Keluarga Sakit di Tanah Suci? Bisa Pantau Kondisi Lewat Aplikasi Ini

Replika pesawat yang dibuat mirip dengan rancangan dan ukuran pesawat aslinya, yaitu pesawat Garuda Indonesia tipe Boeing  777-300-IIR dengan kapasitas 90 tempat duduk. “Mock up pesawat ini untuk menunjang kegiatan manasik jemaah,” jelasnya. 

Selain materi tentang fiqih haji, jemaah akan diajarkan bagaimana memahami perangkat keselamatan di pesawat, bagaimana penggunaan toilet, bagaimana cara tayamum di pesawat dan lain sebagainya.  

Dengan pelatihan di replika pesawat sebagai bagian dari manasik, jemaah diharapkan sudah familiar dan tidak menemui banyak kendala lagi ketika berada di dalam pesawat saat perjalanan ke Tanah Suci. 

BACA JUGA:Kabar Dari Tanah Suci (33): Boleh Makan Kurma Sepuasnya, Tapi...

BACA JUGA:Tanda-Tanda Haji Mabrur Sepulang Dari Tanah Suci. Apa Saja?

“Terlebih sebagian besar jemaah belum pernah bepergian menggunakan pesawat,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: