9 Tips Menghadapi Hari Senin Agar Tetap Happy di Kantor

9 Tips Menghadapi Hari Senin Agar Tetap Happy di Kantor

ILUSTRASI seorang karyawan mengalami stres tiap Senin. Monday blues bisa diatasi dengan cara sederhana. -In Daily Work-

HARIAN DISWAY – Besok Senin. Apakah Anda termasuk yang memiliki slogan ’’I hate Monday’’? Wah, pasti malam-malam begini sudah stres membayangkan besok masuk kerja. Menembus kemacetan, naik kendaraan umum yang berjubel, hingga menghadapi briefing pagi di kantor.

Perasaan seperti itu akrab disebut dengan Monday Blues. Yakni serangkaian emosi negatif yang dirasakan seseorang pada awal pekan kerja. ’’Ada elemen depresi, kelelahan, tak berdaya, dan pikiran bahwa kerja itu tidak menyenangkan tapi enggak bisa dihindari,’’ jelas Alexander Kjerulf, career coach dan penulis buku tentang kebahagiaan di tempat kerja.

BACA JUGA: Anak Melakukan Kesalahan? Begini Tips Parenting yang Tepat

Saking sudah umumnya, kita biasa menertawakan fenomena Monday Blues dengan aneka meme atau quotes lucu. Padahal, sebenarnya ia merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang salah antara Anda dan pekerjaan yang Anda tekuni. ’’Kalau Anda gembira, Anda tentu bersemangat saat Senin tiba. Bukannya malah lelah dan depresi,’’ jelas Kjerulf seperti dikutip Forbes.  

Maka, untuk terbebas dari Monday Blues, saran Alexander Kjerulf, adalah mengidentifikasi masalah. Apa yang menyebabkan Anda gamang menghadapi hari Senin. Apakah karena perjuangan ke tempat kerja begitu melelahkan? Apakah pekerjaannya kurang menyenangkan? Atau karena bosnya terlalu mengerikan? Itu dulu yang harus dibereskan.

BACA JUGA:Tips Nugas dan Kerja Pakai Google Docs

Namun, selagi Anda memetakan masalah besarnya, berikut 9 tips mempersiapkan diri menghadapi hari Senin. Agar, setidaknya, kita bisa berangkat beraktivitas dengan gembira. Dan kita bisa mengucapkan selamat tinggal pada kalimat ’’I hate Monday!’’.

Cicil Pekerjaan Senin pada Jumat
Senin bisa bikin stres karena ada tumpukan pekerjaan yang tidak tergarap saat weekend. Maka, untuk menghindari tumpukan itu, kita bisa mengurangi load pekerjaan sebelum libur akhir pekan. Kerjakan apa yang bisa dicicil pada Jumat. Mungkin itu akan membuat Anda pulang sedikit terlambat pada Jumat malam. Tapi Senin bisa lebih santai.

BACA JUGA: 8 Tips Diet Sehat dan Mudah untuk Anak Sekolah

Buat daftar hal yang menarik
Kita sering gamang membayangkan tugas-tugas berat yang menanti kita di kantor pada hari Senin. Itu harus dibalik. Bayangkan hal-hal yang menyenangkan yang menanti kita di kantor. Misalnya, bertemu teman kesayangan, makan siang sambil gibah, atau apa saja. ’’Minggu malam, tulis daftar tiga hal yang bikin Anda bersemangat. Itu akan mendatangkan mood positif,’’ kata Alexander Kjerulf.

Nikmati Weekend


KELUARGA berjalan-jalan di Kebun Binatang Surabaya (KBS) di hari libur. Nikmati weekend sepenuhnya agar tidak burnout. -Julian Romadhon-Harian Disway-


Jika memungkinkan, jangan membuka email atau grup WhatsApp kantor sepanjang akhir pekan. Terlebih jika Anda tidak berencana membalasnya sebelum Senin. ’’Kadang kita kepingin tahu, apa yang menanti kita di kantor pada Senin nanti. Tapi itu juga bisa bikin stres,’’ jelas Rita Friedman, career coach asal Philadelphia.

Menarik batas yang jelas antara kehidupan pribadi dengan profesional akan menyelamatkan Anda dari burnout. ’’Ketika Anda meninggalkan kantor pada Jumat malam, tinggalkan juga masalah-masalah pekerjaan Anda, dan nikmati hari libur Anda sepenuhnya,’’ lanjut Friedman.   

Tidur lebih awal dan bangun lebih pagi


Tidur lebih awal di Minggu malam membuat Anda lebih segar di awal pekan-Pixabay/ Kat-Pixabay/ Kat

Minggu bersama keluarga memang menyenangkan. Tapi, agar tidak stres keesokan harinya, acara liburan memang harus diakhiri lebih awal. Usahakan, minggu sore sudah tiba di rumah. Tak hanya orang tua. Istirahat di rumah juga bagus untuk menyiapkan anak-anak kembali ke sekolah.

Bangun 15 atau 30 menit lebih awal di Senin pagi juga bisa membantu kita memerangi Monday Blues. Sempatkan diri untuk olahraga ringan, sarapan bergizi, atau mengajak anjing jalan-jalan bisa memperbaiki mood. Sehingga kita bisa berangkat ke kantor dengan suasana hati lebih happy.

Pilih pakaian yang disukai


Pilih baju yang disukai untuk meningkatkan mood di hari Senin-islandworks-Pixabay.com

Mengenakan baju yang disukai terbukti membuat kita lebih happy. Termasuk di tempat kerja. Sempatkan Minggu malam untuk menyiapkan busana yang akan dikenakan esok harinya. Atau, jika weekend habis belanja, langsung dicuci untuk dikenakan pada Senin pagi. Ingat perasaan excited saat kita baru dibelikan sepatu atau tas baru saat masih sekolah? Sama! Pakai kemeja atau dress baru bakal membuat kita bersemangat kembali ke kantor.

Bikin orang lain happy
Berjanjilah berbuat baik kepada orang lain sebelum mulai bekerja. Hal itu efektif meningkatkan mood dan semangat. Orang lain ini bisa orang tua, anak, pasangan, tetangga, atau bahkan teman kantor. Sapa mereka, puji penampilannya, beri semangat untuk tugas-tugas hari itu. Membantu orang asing di jalan juga sering bikin kita merasa bersyukur masih bisa berangkat kerja.

Bikin jadwal ringan
Senin di kantor, biasanya, jadwal padat merayap. Agar tidak gamang menghadapi Senin, Anda bisa membuat jadwal lebih santai. Jika memungkinkan, atur meeting dan presentasi pada Selasa atau Rabu. Daripada langsung melakukan hal-hal besar, fokuskan Senin untuk mengerjakan hal-hal yang lebih bersifat rutinitas. Sehingga tidak memberatkan.

Bersenang-senang di kantor


ILUSTRASI rekan kerja, Febri Rayan (kanan) dan Abil Maldive bercengkerama sembari menikmati makan siang.-ALYARA HANANDA-

Pasti ada hal yang Anda suka lakukan di kantor, kan? Sesi gosip bareng bestie saat makan siang, misalnya. Berbagi cerita weekend dengan teman-teman kantor bisa sangat menyenangkan. Juga dapat memperkuat jaringan di kantor. Sesekali, bawakan kue atau kopi buat kolega, agar mereka juga happy bertemu Anda. Obrolan bisa makin gayeng.

Bikin rencana after-office
Suka minum dengan teman? Nonton bersama anak-anak? Atau dinner date bareng pasangan? Jadwalkan aktivitas seru setelah jam kantor pada hari Senin. Kalau Senin Anda ternyata benar-benar suntuk banget, setidaknya ada hal menyenangkan yang bisa dinanti di akhir hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: forbes