Erick Thohir Bangga Pejabat BUMN Banyak Jadi Wakil Menteri Jokowi

Erick Thohir Bangga Pejabat BUMN Banyak Jadi Wakil Menteri Jokowi

Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir di proyek Smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus JIPPE, Manyar, Gresik.-Laily Rachev-Setpres-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat sejumlah wakil menteri (wamen) yang berasal dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Senin, 17 Juli 2023. Pada pengangkatan kali ini, Pahala Mansury diangkat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu), sementara Nezar Patria diangkat menjadi Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamen Kominfo).

Sebelumnya, Pahala Mansury menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN I, sedangkan Nezar Patria merupakan Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi. Menteri BUMN, Erick Thohir, menyatakan bahwa penunjukan ini adalah bukti kepercayaan Presiden Jokowi terhadap talenta yang ada di lingkungan BUMN.

"Saya sangat mengapresiasi kepercayaan Bapak Presiden dan para menteri, yang melihat talenta BUMN sebagai hal yang positif," kata Erick di Istana Negara.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga telah mengangkat beberapa pejabat dari Kementerian BUMN untuk posisi strategis lainnya. Budi Gunadi Sadakin dan Dante Saksono Harbuwono diangkat sebagai Menteri Kesehatan dan Wakil Menteri Kesehatan, sedangkan Arief Prsetyo Adi diangkat sebagai Kepala Badan Pangan Nasional.

BACA JUGA:PAN: Siapapun Presidennya, yang Penting Erick Thohir Cawapresnya

BACA JUGA:Ini Nama 6 Menteri dan Wamen Hasil Resuffle Kabinet Jokowi 17 Juli 2023

Erick menyebut ketiganya sebagai bagian dari keluarga besar Kementerian BUMN. Namun, Ketum PSSI itu menekankan bahwa keberhasilan Kementerian BUMN tidak akan tercapai tanpa sinergi dengan kementerian lainnya. Hal ini menjadi bagian dari upaya untuk mendorong terciptanya kolaborasi yang efektif antar lembaga pemerintahan.


Presiden Jokowi melantik enam nama yang menjadi menteri dan wamen, Senin, 7 Juli 2023.-Biro Setpres RI-

Mengenai penunjukan Pahala Mansury sebagai Wamenlu, Erick menilainya tepat untuk memperkuat posisi Indonesia dalam rantai pasok global dan meningkatkan investasi dari negara-negara lain. Sementara itu, terkait Nezar, Erick mengungkapkan harapannya agar ada sinkronisasi dalam pengembangan ekonomi digital.

Erick juga menegaskan bahwa dia sangat senang dengan talenta-talenta yang ada di Kementerian BUMN, namun ia tetap berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan dalam pengelolaan BUMN, sehingga tidak terjadi kesombongan (jumawa) dalam meraih kesuksesan.

Berikut adalah daftar pejabat yang baru dilantik:

  1. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo): Budi Arie.
  2. Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo): Nezar Patria.
  3. Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes): Prof. Paiman Raharjo.
  4. Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu): Pahala Mansury.
  5. Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN): Rosan Roeslani.
  6. Wakil Menteri Agama (Wamenag): Saiful R Dasuki. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: