SDM Pelayanan dan Penagihan Pajak Kota Pasuruan Dibekali Tebar Pesona

SDM Pelayanan dan Penagihan Pajak Kota Pasuruan Dibekali Tebar Pesona

Gus Ipul mengimbau pelayanan pada wajib pajak lebih dioptimalkan dengan adanya Tebar Pesona. -Lailiyah Rahmawati -

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pasuruan menggelar sosialisasi program 'Tebar Pesona' (Terampil, Sabar, Profesional dan Amanah) bagi SDM pelayanan dan penagihan pajak daerah, Senin 17 Juli 2023.

Lewat Tebar Pesona, para petugas pajak meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan kemampuannya dalam pelayanan pajak karena dibutuhkan kemampuan khusus untuk memberikan pelayanan optimal kepada wajib pajak. 

“Karena petugas pajak ini menggunakan sistem, prosedur-prosedur, juga teknologi dalam proses pelayanan pajak yang tentunya membutuhkan keterampilan,” ujar Gus Ipul dalam sambutannya.

BACA JUGA: Gus Ipul Sebut 14 Payung Madinah Jadi Pembeda Pasuruan dengan Malang dan Surabaya

Gus Ipul menyampaikan, dalam proses pengawasan dan penagihan pajak ada beberapa hal yang menjadi tantangan. Maka, Gus Ipul mengatakan, para petugas pajak harus profesional dan penuh kesabaran menghadapi berbagai wajib pajak. 

“Menghadapi tantangan saat ini, memang kita harus luwes dan tangguh dalam proses pengawasan dan penagihan pajak. Saya ajak para petugas untuk profesional dalam menjalani tugas dan tanggung jawab dan menerapkan dengan baik penuh kesabaran,” ucap Gus Ipul. 

Gus Ipul juga mengatakan, amanah menjadi hal penting dalam pelayanan pajak. Petugas diminta untuk patuh dan bertanggung jawab atas pekerjaan yang diberikan.

BACA JUGA: Gus Ipul: Mangan Sate Komo, Ojok Lali Rawone

Lebih lanjut, Gus Ipul menekankan bahwa pajak daerah dan retribusi daerah merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang penting untuk melakukan pembangunan di Kota Pasuruan. Untuk itu, mutu pelayanan pajak di Kota Pasuruan harus ditingkatkan.


Pembinaan para petugas pajak Kota Pasuruan yang dibekali dengan Tebar Pesona. -Lailiyah Rahmawati -

“Target pendapatan daerah yang terpenuhi ini untuk pembangunan Kota Pasuruan. Kalau setiap sudut kota ini bagus maka para wajib pajak semangat untuk membayar pajak. Dengan begitu, diharapkan penerimaan pajak daerah lancar dan meningkat,” pungkasnya.

BACA JUGA: Peringati Maulid Nabi, Gus Ipul Ajak Warga Bersih dan Tertib Menuju Kota Pasuruan Kota Madinah

Kepala Bapenda Kota Pasuruan Nyoman Swasti, menyampaikan tujuan dan maksud kegiatan. Yakni untuk meningkatkan kapasitas SDM pelayanan pajak agar mengerti dan memahami serta mampu melaksanakan pengawasan dan penagihan pajak daerah dengan semangat Tebar Pesona. 

“Para pelayanan pajak khususnya dalam pengawasan dan penagihan pajak dapat menerapkan hasil kegiatan dalam pengelolaan pajak daerah sehingga akan berdampak pada optimalisasi penerimaan daerah dari sektor pajak daerah,” ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: